Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 5 Nov 2021 00:54 WIB ·

Britania Raya Jadi Negara Pertama yang Setujui Penggunaan Obat COVID-19 Molnupiravir


					Ilustrasi Molnupiravir-Aljazeera Perbesar

Ilustrasi Molnupiravir-Aljazeera

LONDON-KEMPALAN: Britania Raya menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan antiviral yang sedang populer serta dianggap sebagai “Game changer” pandemi COVID-19. Antiviral tersebut dikembangkan oleh Merck and Ridgeback Biotherapeutics.

Agensi obat Britania Raya yaitu the Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA) telah memberikan rekomendasi pada Kamis (4/11) bahwa antiviral jenis Molnupiravir akan digunakan secepat mungkin jika seseorang mendapatkan hasil positif COVID-19 atau menunjukkan gejala yang ada.

Hal ini menjadi obat oral pertama di dunia dalam konteks penanganan pandemi COVID-19 dengan tujuan untuk meningkatkan perlawanan melawan virus yang hingga saat ini masih ada di dunia. Dengan adanya lampu hijau dari pemerintah Britania Raya, AS kemudian dikabarkan akan melakukan analisis mendalam mengenai penggunaan obat antiviral tersebut.

Dikabarkan bahwa pihak AS akan bertemu dengan pihak Britania Raya untuk meneliti yang kemudian menentukan apakah antiviral tersebut akan digunakan juga di AS.

Sebagaimana yang sudah diketahui, vaksin masih menjadi satu-satunya cara untuk menghentikan pandemi yang telah membunuh lebih dari 5,2 Juta orang di dunia. Namun, pada kenyataannya, terdapat beberapa alternatif lainnnya seperti misalnya penggunaan obat antiviral Remdevisir dan juga adanya steroid Dexamethasone.

Obat antiviral Molnupiravir yang dibuat oleh Merck and Ridgeback Biotherapeutics telah dipantau lebih lanjut setelah adanya rilis data pada beberapa bulan terakhir yang menunjukkan bahwa terdapat kesempatan serta persentasi besar kesembuhan bagi orang yang telah menunjukkan gejala COVID-19.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pfizer Sebut Vaksin Booster Efektif Lawan Varian Omicron

9 Desember 2021 - 01:37 WIB

Pfizer-IDXChannel

Jenderal Tinggi India, Istri dan 11 Orang Lainnya Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

9 Desember 2021 - 01:06 WIB

Jenderal Bipin Rawat-CNN

Olaf Scholz Resmi menjadi Kanselir Jerman, Janji untuk “Mulai dari Awal”

9 Desember 2021 - 00:48 WIB

Olaf Scholz-DW

Australia Gabung AS untuk Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

9 Desember 2021 - 00:35 WIB

Scott Morrison-CNN

Biden Ancam Putin dengan Sanksi “Kuat” jika Serang Ukraina

9 Desember 2021 - 00:13 WIB

Biden-DW

India dan Rusia Teken Kerja Sama Perdagangan dan Senjata

8 Desember 2021 - 00:31 WIB

Narendra Modi-BBC
Trending di kempalanmanca