Argentina jadi Tempat Uji Coba Yuan di Perdagangan dan Investasi

waktu baca 2 menit
Ilustrasi Yuan-Bloomberg

BUENOS AIRES-KEMPALAN: Berawal dari adanya bantuan Tiongkok dalam membantu Bank Sentral Argentina yang kehabisan simpanan internasional, hingga pada akhirnya relasi antara keduanya menjadi semakin erat. Dalam kepemimpinan Presiden Alberto Fernandez, pada tahun lalu, Argentina mengizinkan adanya transaksi antara kedua negara menggunakan mata uang Tiongkok yaitu Yuan.

Bank Sentral Argentina tidak memberikan detail dan informasi lebih lanjut mengenai transaksi tersebut, namun beberapa analis mengatakan bahwa transaksi tersebut salah satunya dalam perdagangan mencapai 10,2 Miliar USD dalam rentang waktu tujuh bulan terakhir yang menggunakan Yuan.

Tiongkok memang sedang mencari perananlebih untuk mengenalkan mata uangnya ke dunia internasional. Argentina menjadi salah satu negara pertama yang menjadi uji coba Yuan tersebut.

Permasalahan Argentina tersebut adalah bahwa banyak orang melakukan simpanan uangnya dalam bentuk Peso dan mengkonversinya ke Dollar AS. Hal tersebut membawa Argentina menuju krisis finansial. Salah satu alasan menggunakan Yuan adalah untuk menstabilkan likuiditas moneter dan finansial yang da.

Kemudian juga menurut Michel Alaby, salah satu konsultan dalam Hubungan Internasional mengatakan bahwa Argentina memang perlu untuk mengubah simpanannya dari Dollar AS menjadi Yuan untuk dapat memastikan dan mengamankan simpanannya terlebih lagi perdagangan Tiongkok yang selalu masif tiap tahunnya sehingga akan lebih stabil.

Brazil merupakan mitra dagang terbaik yang dimiliki oleh Argentina, namun dengan adanya Tiongkok, peranan Brazil secara perlahan bergeser. Sejak tahun 2003 hingga saat ini, perdangangan antara Tiongkok-Argentina meningkat lima kali lipat.

Tiongkok berbarengan dengan mata uangnya yaitu Yuan juga menjadi sumber utama pendanaan dari adanya program ambisius Argentina dan investasinya yaitu dalam bendungan hidroelektrik, kereta hingga reaktor nuklir.

(MercoPress, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *