Menu

Mode Gelap

Kempalandok · 16 Sep 2021 20:49 WIB ·

RSUD Sumenep Zero Pasien Covid-19


					RSUD dr Moh Anwar Sumenep Perbesar

RSUD dr Moh Anwar Sumenep

KEMPALAN-SUMENEP-Kabupaten Sumenep salah satu di antara 37 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang terkategori zona kuning dalam penyebaran covid-19.

Merujuk situs covid19.go.id, per 15 September, disebut peta-risiko
dari total 38 kabupaten/kota di Jatim berzona kuning. Hanya tersisa Kota Blitar yang berada zona oranye atau berisiko sedang.

Hal itu berbeda saat pasien Covid-19 di Sumenep mengalami lonjakan pada bulan Juni-Juli 2021.

Jumlah kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Sumenep saat itu terdata 168 orang, menempati peringkat kedua di Pulau Madura setelah Kabupaten Bangkalan yang mencapai 973 orang.

Nakes di RSUD Sumenep saat memberikan obat oral( pil) ke pasien Covid-19 (FOTO:Humas RSUD Sumenep)

Humas RSUDdr H.Moh Anwar Sumenep Arman Endika Putra di Sumenep, menjelaskan, manajemen RSUD Sumenep langsung menambah ruang Isolasi karena ruang yang tersedia sudah tidak bisa menampung tambahan pasien baru yang terus berdatangan.

“RSUD Sumenep menambah dua ruang isolasi dengan kapasitas tempat tidur 50 unit. Total ada empat ruang isolasi,” terang Kepala Humas RSUD dr Moh. Anwar ini, saat itu.

Namun, saat ini tak ada pasien Covid-19 di ruang isolasi untuk pasien covid di RSUD Sumenep.

Koresponden kempalan di Sumenep, Kamis (16/9) menelusuri ruang isolasi covid-19 yang berada di RSUD dr Moh. Anwar Sumenep. Termasuk ruang isolasi pasien Covid-19 di RSI Kalianget sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumenep.

Dari hasil amatan langsung di Ruang Isolasi Covid I dan II, Kamis (16/9) tak ditemukan pasien Covid-19 yang menjalani perawatan dan isolasi.

Munawar, S.Kep.Ns, Kepala Ruang Isolasi Covid II (DAHLIA ) menyebut, sejak delapan hari lalu pasien covid-19 di RSUD Sumenep sudah kosong (zero) baik di Ruang Isolasi Covid I maupun di Ruang Isolasi Covid II.

Munawar ikut bersyukur pasien covid-19 di RSUD Sumenep sudah kosong.

“Semoga terus tak ada pasien Covid-19,” Munawar kepada kempalan.

Banyak suka dan duka yang dialami para Nakes RSUD Sumenep dalam melayani pasien-covid.

Kendati demikian, para nakes itu, kata Munawar, tetap melayani pasien covid di ruang isolasi mengikuti SOP yang digariskan.

Menurut Munawar, ada tiga hal yang dilakukan para nakes dalam melayani pasien covid.

Pertama, melakukan asuhan keperawatan. Seperti memberi obat anti virus, mengecek tensi saturasi oksigen dan observasi secara berkala kepada pasien.

Kedua, para nakes melakukan tugas limpah dari dokter spesialis, seperti melakukan injeksi obat kepada pasien.

Saat nakes di RSUD Sumenep melakukan observasi pada pasien Covid-19. Hal ini dilakukan tanda tanda vital seperti tensi darah. (FOTO: Humas RSUD sumenep)

Pelayanan yang ketiga ini menjadi tantangan tersendiri bagi para nakes untuk mendampingi pasien covid. Yaitu, setia memberi motivasi kepada para pasien Covid-19.

“Yang terpenting kami para nakes dalam melayani pasien covid terus memberi motivasi kepada pasien agar terjaga imunitasnya,” pungkas Munawar.

Sementara itu, Humas Satgas Covid-19 Sumenep Ferdiansyah tetap mengingatkan kepada masyarakat Sumenep agar tetap waspada dalam menjaga prokes.

Ferdian menyebut, berdasar pengalaman sebelumnya, sebelum terjadi gelombang kedua wilayah Kabupaten Sumenep cukup lama menikmati zona hijau, tetapi bisa menjadi zona oranye dengan cepat pada gelombang kedua.

Dalam penanganan Covid-19 ini, lanjut Ferdian, Pemerintah Kabupaten Sumenep sesuai arahan Presiden adalah menekankan dua hal, yakni implementasi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di lapangan dalam kerangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dan akselerasi program vaksinasi nasional. (ham)

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Khofifah Berharap Jepang Kerjasama dengan RSUD dr. Soetomo

26 Oktober 2021 - 05:36 WIB

Polresta Sidoarjo Gencar Lakukan Vaksinasi dan Prokes Keliling Desa

25 Oktober 2021 - 18:59 WIB

Percepat Vaksinasi, Kapolresta Sidoarjo Keliling Desa

24 Oktober 2021 - 20:09 WIB

Hari Dokter Nasional 2021, Khofifah Kirim Tumpeng ke Para Dokter RS

24 Oktober 2021 - 17:07 WIB

Ketua DPD RI Sambut Baik Vaksin untuk Anak-anak

24 Oktober 2021 - 12:10 WIB

Siswa di Kediri Terpapar Covid-19 saat PTM, Ketua DPD RI Minta Daerah Lain Antisipasi

23 Oktober 2021 - 05:23 WIB

Trending di Kempalandok