Wow… Duterte akan Maju Lagi 2022, Jadi Wakil Presiden

waktu baca 1 menit
Duterte ketika dilantik sebagai presiden pada tahun 2016 (Wikipedia).

MANILA-KEMPALAN: Rodrigo Duterte yang sekarang menjadi Presiden Filipina telah sepakat untuk menjadi kandidat wakil presiden Partai PDP Laban yang berkuasa di negara Asia Tenggara itu untuk tahun depan. Hal ini akan membuatnya berkuasa melampaui masa jabatannya.

Partai PDP Laban mengumumkan hal ini pada Selasa (24/8), sebelum rapat nasional pada 8 September esok yang mana juga akan mendukung senator petahana yang juga pembantu Duterte, Christopher “Bong” Go untuk menjadi kandidat presiden pada pemilu 2022.

Karlo Nograles, wakil presiden eksekutif partai itu mengatakan bahwa Duterte melakukan “pengorbanan” untuk “memenuhi permintaan rakyatnya”. Tindakan itu akan menjamin keberlanjutan program-program pemerintahan selama lima tahun terakhir termasuk perang melawan obat-obatan terlarang.

Sementara itu Go yang kabarnya akan menjadi calon presiden mengatakan dirinya masih belum tertarik pada kursi presiden seraya menambahkan bahwa vaksinasi lebih dulu daripada poliik. Duterte sendiri selalu memperlihatkan dirinya ingin Go untuk menggantikannya sebagai presiden.

Adapun Duterte mengatakan bahwa dirinya ingin membersihkan dirinya dari segala permasalahan hukum sebelum turun dari jabatannya, termasuk kemungkinan penyelidikan yang dilakukan Mahkamah Pidana Internasional (ICC) atas tuduhan kejahatan kemanusiaan berkaitan dengan pembunuhan yang dilakukan oleh rezimnya atas nama perang melawan narkoba. (TST, reza hikam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *