Euro 2020

Preview Grup B: Mampukah Finlanda Berjaya di Turnamen Internasional Pertama Mereka?

  • Whatsapp
Teemu Pukki akan menjadi fokus di lini depan Finlandia.

KEMPALAN: Finlandia telah menempuh perjalanan yang sulit untuk dapat lolos ke Euro 2020. Hanya berhasil memenangkan enam pertandingan, Finlandia beruntung karena Italia berhasil menekan tim lain dengan meraih kemenangan di seluruh pertandingan pada fase kualifikasi.

Sekarang, mampukah tim berjuluk The Eagle-Owl ini memberi kejutan pada turnamen internasional pertama mereka?

A. PELATIH

Markku Kanerva: Mantan guru sekolah ini dulu pernah mewakili Finlandia sebagai bek tengah, tetapi hampir tidak memiliki pengalaman melatih di level klub.

Pelatih berusia 57 tahun itu bertanggung jawab atas tim nasional Finlandia sejak Desember 2016 dan telah membimbing rekan-rekan senegaranya hingga ke penampilan pertama mereka di turnamen internasional besar.

Kanerva, yang menghabiskan sebagian besar hari-harinya bermain di tanah kelahirannya dan juga memainkan 59 caps untuk Finlandia, sebelumnya juga pernah memimpin tim U-21 dan menjabat sebagai asisten Mixu Paatelainen.

B. PERFORMA TIM

Finlandia telah menempuh perjalanan sulit sejak kampanye kualifikasi Euro 2016 yang menyedihkan, di mana mereka gagal memenangkan satu pertandingan pun.

Setelah satu tahun mencatatkan dua hasil imbang dan sembilan kekalahan, Timnas menunjuk Kanerva sebagai pelatih, dan lima tahun kemudian mereka berhasil lolos ke turnamen internasional pertama mereka.

Finlandia lolos dengan finis kedua di grup dengan 18 poin dari 10 pertandingan, tertinggal jauh dari sang pringkat satu Italia yang mengumpulkan 30 poin.

C. KOMPOSISI TIM

Penjaga Gawang: Lukas Hradecky (Leverkusen), Jesse Joronen (Brescia), Anssi Jaakkola (Bristol Rovers)

Bek: Paulus Arajuuri (Pafos), Daniel O’Shaugnessy (HJK Helsinki), Joona Toivio (Häcken), Leo Väisänen (Elfsborg), Sauli Väisänen (Chievo), Robert Ivanov (Warta Pozna), Jere Uronen (Genk), Nikolai Alho (MTK Budapest), Jukka Raitala (Minnesota United), Pyry Soiri (Esbjerg)

Gelandang: Glen Kamara (Rangers), Robert Taylor (Brann), Robin Lod (Minnesota United), Joni Kauko (Esbjerg), Onni Valakari (Pafos), Rasmus Schüller (Djurgården), Thomas Lam (Zwolle), Tim Sparv (Larissa) , Fredrik Jensen (Augsburg), Lassi Lappalainen (Montreal)

Penyerang : Joel Pohjanpalo (Union Berlin), Marcus Forss (Brentford), Teemu Pukki (Norwich)

D. PEMAIN KUNCI

Teemu Pukki: Finlandia akan berharap pada ketajaman Pukki di lini depan dan dalam hal kualitas individu, Pukki adalah pemain menonjol dalam skuad Kanerva. Striker Norwich ini mencetak sepuluh dari 16 gol tim di kualifikasi.

Pemain berusia 31 tahun itu diperkirakan akan segera pulih dari cedera pergelangan kaki dan dia sangat sadar akan beban di pundaknya. (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait