Euro 2020

Preview Grup B: Mampukah Generasi Baru Rusia Lolos dari Fase Grup?

  • Whatsapp
Pemain kunci Rusia, Artem Dzyuba

KEMPALAN: Rusia berhasil tampil luar biasa di Piala Dunia 2018, memulai turnamen sebagai tim peingkat terendah di kompetisi tersebut, Rusia berhasil melaju hingga babak perempatfinal. Mampukah mereka mengulangi kesuksesan tersebut.

A PELATIH

Stanislav Cherchesov: Rusia memulai Piala Dunia 2018 sebagai tim dengan peringkat terendah di turnamen tersebut, tetapi Cherchesov berhasil membawa mereka ke perempat final dengan caranya sendiri, sayang perjalanan mereka harus terhenti usai kalah dari finalis Kroasia dengan skor tipis 4-3 lewat adu penalti.

Hasil Itu membuat Cherchesov mendapat perpanjang kontrak sebelum dinominasikan untuk Penghargaan Pelatih Pria Terbaik FIFA 2018. Cherchesov juga berhasil membawa Rusia ke posisi runner-up di kualifikasi tahun ini.

B PERFORMA TIM

Rusia telah membangun kembali skuat mereka sejak mencapai babak delapan besar saat menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2018. Kiper Igor Akinfeev dan bek tengah veteran Sergei Ignashevich adalah dua pemain kunci mereka yang telah pensiun dan Cherchesov terus mencari pengganti yang cocok untuk membantu membentuk generasi baru tim Rusia.

Anton Shunin yang berusia 34 tahun tampaknya akan menjadi starter di gawang, tetapi kurangnya pengalaman Igor Diveyev dan Roman Yevgenyev di depannya membuat kemungkinan mereka untuk lolos dari babak grup mungkin akan menjadi sulit.

C KOMPOSISI TIM

Kiper: Yuri Dyupin (Rubin), Matvei Safonov (Krasnodar), Anton Shunin (Dinamo Moskow)

Bek: Georgi Dzhikiya (Spartak Moskva), Igor Diveev (CSKA Moskva), Yuri Zhirkov (Zenit), Vyacheslav Karavaev (Zenit), Fedor Kudryashov (Antalyaspor), Andrei Semenov (Akhmat), Mario Fernandes (CSKA Moskva)

Gelandang: Dmitri Barinov (Lokomotiv Moskva), Rifat Zhemaletdinov (Lokomotiv Moskva), Maksim Mukhin (CSKA Moskva), Aleksandr Golovin (Monaco), Daniil Fomin (Dinamo Moskva), Roman Zobnin (Spartak Moskva), Alexei Ionov (Krasnodar), Daler Kuzyayev (Zenit), Andrei Mostovoy (Zenit), Magomed Ozdoev (Zenit), Denis Makarov (Rubin), Aleksei Miranchuk (Atalanta), Denis Cheryshev (Valencia)

Penyerang : Artem Dzyuba (Zenit), Anton Zabolotny (CSKA Moskow), Aleksandr Sobolev (Spartak Moskow)

D PEMAIN KUNCI

Artem Dzyuba: Striker tinggi Zenit St Petersburg ini menjadi starter di semua 10 pertandingan kualifikasi Rusia dan dia adalah titik fokus tim, menerima rata-rata peluang setiap 17 menit untuk mengamankan tempat mereka di final.

Mengingat timnya hanya mencatatkan dua clean sheet dan kebobolan 18 gol dalam 11 pertandingan mereka sejak awal tahun 2020, Dzyuba harus menjalin kemitraan yang solid dengan Aleksandr Golovin jika mereka ingin lolos dari babak grup.

E BEST EURO FINISH

Semifinal (2008). (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait