Euro 2020

Gol Tunggal Lukaku Bawa Belgia Menang atas Kroasia

  • Whatsapp
Gol tunggal Belgia yang dicetak Romelu Lukaku

BRUSSELS-KEMPALAN: Belgia sukses meraih kemenangan saat menjamu Kroasia dalam laga uji coba jelang Piala Eropa 2020.

Pada laga yang berlangsung di Stade Roi Baudouin, Senin (7/6) dini hari WIB itu, The Reds Devil meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal Romelu Lukaku.

Memulai dengan lambat, tim tuan rumah mulai terlihat menjanjikan ketika pertandingan memasuki menit ke-30.

Belgia mengancam dua kali, lewat sepakan jarak jauh Lukaku dan sundulan Yannick Carrasco yang menyambut bola rebound. Sayang dua peluang ini tak berbuah gol karena mengenai tiang gawang

Belgia kembali mengancam, Lukaku, yang mengontrol bola dengan susah payah, berhasil membuat ruang dan melepaskan tembakan, sayang Livakovic masih sempat melakukan penyelamatan.

Pada menit ke-38, Belgia akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat Lukaku.

Berawal dari umpan silang Dries Mertens di sayap kanan, bola meluncur ke tiang jauh. Jason Denayer berhasil menyambut bola dengan sundulan, namun berhasil dihalau lini pertahanan Kroasia.

Lukaku yang berada di jalur jatuh bola langsung melepaskan sontekan dari jarak dekat. Gol, Belgia memimpin 1-0.

Tak ada tambahan gol lagi tercipta hingga babak pertama usai, skor 1-0 tetap bertahan.

Selepas turun minum, Kroasia bermain lebih agresif. Tusukan Gvardiol di sayap kiri diakhiri dengan sebuah crossing berbahaya. Petkovic terlambat tiba di kotak penalti tapi mampu menyambut bola. Sayang, sepakannya masih terlalu lemah.

Tak tinggal diam, Belgia balas mengancam. Sayang, Carrasco yang berhasil mendapat ruang tembal dari jarak dekat malah tak berhasil mengarahkan bola ke gawang.

Pada 10 menit akhir pertandingan, Kroasia makin kesulitan membongkar pertahanan Belgia.

Belgia nyaris kembali menggetarkan jala gawang tim tamu. Berawal dari umpan Youri Tielemans, Thorgan Hazard, yang berhasil bebas dari penjagaan, tak melakukan tembakan sendiri meski dalam posisi bagus dan memilih mengoper kepada Lukaku yang tembakannya diblok pemain bertahan lawan.

Livakovic membuat penyelamatan gemilang. Crossing akurat Vanaken menemui Lukaku untuk diteruskan dengan sepakan dari jarak dekat, tapi Livakovic bisa menghalaunya. Livakovic lalu bereaksi cepat untuk mengamankan bola rebound sebelum bisa disontek Lukaku.

Jelang akhir pertandingan, Kroasia memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Josip Brekalo melepaskan sepakan keras terarah tapi bisa ditangkisnya kiper Belgia.

Tak ada lagi tambahan gol tercipta, Skor 1-0 untuk kemenangan Belgia menjadi hasil akhir pertandingan.

Belgia dan Kroasia akan memulai kiprahnya di Piala Eropa sepekan lagi. Belgia akan memulai fase grup dengan menghadapi Rusia, sedangkan Kroasia melawan Inggris. (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait