Kementerian Perdagangan

Menteri Perdagangan: Pameran Memperkuat Kerja Sama Bisnis dan Teknologi

  • Whatsapp
Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan RI

JAKARTA-KEMPALAN: Sebagai negara yang inklusif terhadap kerja sama internasional, Indonesia hadir dalam acara internasional yang diselenggarakan di negara Beruang Merah. Diwakili oleh Muhammad Lutfi selaku Menteri Perdagangan, hadir dalam perhelatan International Economic Forum (SPIEF).

Dalam perhelatan internasional yang secara substansial membahas mengenai ekonomi dan bisnis, Lutfi mengutarakan bahwa pameran memiliki peranan yang penting dalam memperkokoh dan memperkuat kerja sama bisnis yang suistanable dan bertukar teknologi.

“Perhetalan pameran World Expo, memiliki pernanan penting dalam memperkuat dan membuka kerja sama bisnis berkelanjutan dan transfer teknologi, serta merupakan wahana bagi negara atau ekonomi untuk memperlihatkan citra budaya peradaban dan kemajuan yang telah dicapai dan akan dikembangkan di masa depan,” ujar Muhammad Lutfi selaku Menteri Perdagangan RI.

Pemeran internasional tentu melibatkan berbagai negara dengan berbagai corak dan ciri khasnya masing-masing. Negara-negara yang hadir tentu dapat memperlihatkan tanggung jawabnya bagi negara-negara internasional dan lingkungan serta pada generasi yang akan datang.

Misalnya seperti partisipasi Indonesia di perhetalan pameran Expo 2020 di negara Dubai. Dimana Indonesia secara eksplisit telah memperlihatkan progress dari kemajuannya di sektor ekonomi yang berkelanjutan, demokrasi sosial-budaya, hingga kemajuan streategis lain.

Dalam diskusi dua arah yang dihadiri oleh Muhammad Lutfi, adalah salah satu rangkaian acara dari International Economic Forum (SPIEF), bertajuk “World Expos and International Cooperation as a Driver of Sustainable Global Development”.

Secara gamblang, Lutfi mengungkapkan bahwa negara Indonesia ingin menunjukkan pada dunia bahwa negeri ini memiliki peranan yang pro-aktif terhadap berbagai isu-isu krusial. Seperti global seperti sustainability, global responsibility, dan development.

Pria berusia 51 tahun ini, menjelaskan jika Indonesia sedang fokus dalam melakukan transformasi di berbagai sendi kehidupan. Misalnya, mulai dari sektor pendidikan hingga ekonomi dan bisnis. Transformasi ini tentu sangat vital, dikarenakan zaman yang serba dinamis dan semakin maju, membuat industri tanah air harus bertransformasi dengan teknologi.

Diakhir Lutfi berbicara, ia mengajak para peserta forum internasional ini untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) 2021 di Indonesia. Pameran perdagangan terbesar di Indonesia itu juga akan menunjukkan keberpihakan Indonesia terhadap lingkungan dan transformasi Indonesia. TEI 2021 dijadwalkan berlangsung pada 20—24 Oktober 2021. (Rafi Aufa Mawardi)

Berita Terkait