Liga Champions

Tekuk City, Chelsea Juara Liga Champions

  • Whatsapp
Para pemain Chelsea mengangkat trofi Liga Champions

PORTO-KEMPALAN: Chelsea sukses meraih gelar juara Liga Champions kedua mereka usai menekuk Man City dengan skor tipis 1-0.

Final yang mempertemukan dua tim asal Inggris itu tersaji di Stadion Do Dragao, Portugal pada Minggu (30/5) dini hari WIB.

Pada menit awal babak pertama, City langsung menekan dan mengurung pertahanan Chelsea. Di menit kedelapan, City mendapatkan peluang pertamanya.

Berawal dari umpan panjang Ederson menuju sisi kanan pertahanan Chelsea. Raheem Sterling, yang mampu mendahului Reece James untuk mendapatkan bola, melepaskan tembakan dari sudut sempit, sayang kiper Chelsea Edouard Mendy mampu menepisnya dan berujung korner.

Pada menit ke-14, Chelsea balas mengancam lewat skema serangan balik. Timo Werner, yang mendapatkan umpan dari Kai Havertz, melepaskan tembakan yang sayangnya terlalu
lemah sehingga bisa diamankan Ederson.

Berselang satu menit, Werner kembali mengancam, kali ini striker asal Jerman itu menusuk dari sisi kiri dan melepaskan sepakan ke sudut sempit. Bola mengenai Kyle Walker dan berujung korner.

Chelsea bermain sangat dalam sehingga membuat City kesulitan mencari ruang untuk menembak. Sekali ada celah untuk menembak, bek-bek Chelsea akan langsung menutupnya.

Pada menit ke-27, Phil Foden, yang mendapat bola dari umpan terobosan De Bruyne, melepaskan tembakan yang mengancam, namun Antonio Ruediger dengan cepat menghadang bola sepakan Foden.

Petaka untuk Chelsea, bek andalan mereka, Thiago Silva harus keluar di menit ke-41 karena mengalami cedera pangkal paha. Silva sempat bertahan selama lima menit sebelum digantikan Andreas Christensen.

Pada menit ke-42, Chelsea akhirnya mampu memecah kebuntuan dengan mencetak gol terlebih dahulu.

The Blues, yangmembangun serangan dengan cepat dari kotak penalti sendiri, berhasil mengalirkan bola ke kaki Mason Mount. Mount, yang melihat celah di pertahanan City, mengirimkan bola terobosan ke Havertz. Havertz kemudian menceploskan bola ke gawang kosong usai sukses mengecoh Ederson.

Pada masa injury time, Chelsea nyaris mencetak gol tambahan, Werner yang menusuk dari kanan melepaskan tembakan yang sayangnya tak menemui sasaran.

Tak ada tambahan gol lagi hingga 45 menit pertama usai, Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Chelsea yang unggul 1-0 bermain lebih dalam. The Blues membiarkan City menguasai pertandingan, namun terus memutus bola agar tak sampai ke area pertahanan.

Pada menit ke-60, giliran City yang harus kehilangan pemainnya. De Bruyne terpaksa harus ditarik keluar dan digantikan Gabriel Jesus setelah mendapat cedera di wajahnya karena berbenturan dengan Ruediger.

Pada menit ke-68, Mahrez mengirimkan bola dari sisi kanan ke tiang jauh. Di sana ada Gabriel Jesus yang menunggu, namun bola langsung dipotong Azpilicueta.

Pada menit ke-73, Chelsea hampir mencetak gol keduanya saat Christian Pulisic, yang mampu lepas dari penjagaan Ruben Dias, melepaskan tembakan ke gawang The Citizens, sayang bola masih belum menemui sasaran.

City masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Chelsea. Meski sudah memasukkan Sergio Aguero pada 10 menit akhir pertandingan.

Pada menit ke-89, Kemelut sempat terjadi di depan gawang Chelsea. Berawal dari serangan di sisi sayap. Bola kemudian berhasil sampai ke Mahrez di tiang jauh. Mahrez coba memberikannya kepada Foden, tapi Christensen dengan cepat menghadangnya.

Pada menit ke-96, City kembali mendapat peluang emas lewat sepakan first time Mahrez lewat yang sayangnya hanya melayang di atas mistar, padahal Mendy sudah mati langkah.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 tetap bertahan dan Chelsea sukses meraih gelar juara Liga Champions 2021/2021. (ESPN, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait