Pengadilan

Pastor Pedofil 86 Tahun Kalah Banding di Pengadilan Australia

  • Whatsapp
Finian Egan, sang pastor pedofil Irlandia asal Australia. (daily telegraph)

CANBERRA-KEMPALAN: Seorang mantan pastor Katolik pedofil berusia 86 tahun selangkah lebih dekat dengan deportasi ke Irlandia ketika pengadilan pada hari Jumat (27/5) menguatkan keputusan untuk mencabut kewarganegaraan Australia-nya.

Finian Egan telah berjuang dalam pertarungan hukum selama lima tahun melawan keputusan mantan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton untuk membatalkan kewarganegaraannya atas catatan kriminal pendeta yang dicopot.

Egan awalnya memenangkan banding pada tahun 2016 di Pengadilan Banding Administratif, sebuah pengadilan yang meninjau keputusan pemerintah.

Namun melansir dari APNews, Pengadilan Federal membatalkan keputusan itu dan sidang pengadilan kedua tahun lalu.

Egan pada hari Jumat kalah dalam banding Pengadilan Federal terhadap putusan pengadilan kedua. Pilihan terakhirnya untuk naik banding adalah Pengadilan Tinggi.

Egan adalah seorang imam berusia 25 tahun yang ditahbiskan ketika dia bermigrasi dari Irlandia ke Australia pada tahun 1959.

Dia dihukum di negara bagian New South Wales pada 2013 karena melakukan pelecehan seksual terhadap tiga gadis antara 1961 dan 1987. Egan berusia 79 tahun ketika dia dijatuhi hukuman delapan tahun penjara. (APNews, Abdul Manaf Farid)

Berita Terkait