Jokowi: Tugas Lima Gubernur Turunkan Covid-19

waktu baca 3 menit

JAKARTA-KEMPALAN: Kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin bertambah. Tercatat pada 4 Februari 2021 bertambah 11.434 kasus. Sehingga akumulasi positif Covid-19 saat ini lebih dari 1 juta kasus atau sebanyak 1.123.105 kasus.

Jumlah ini merupakan hasil tracing melalui pemeriksaan sebanyak 68.774 spesimen yang dilakukan dengan metode real time polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM).

Selain itu, juga dilaporkan kasus yang sembuh dari Covid-19 pada hari ini tercatat bertambah 11.641 orang. Sehingga total sebanyak 917.306 orang sembuh.

Sementara jumlah yang meninggal kembali bertambah 231 orang. Sehingga meninggal menjadi 31.001 orang.

Presiden Joko Widodo meminta lima gubernur, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali, untuk mengurangi laju penularan Covid-19 di wilayah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Jokowi itu saat menggelar rapat Sidang Paripurna pada Rabu (3/2) kemarin. “Bapak Presiden kemarin mengundang lima gubernur untuk berdiskusi mengenai pandemi Covid-19 ini. Saya kebetulan diminta mendampingi beliau dan melihat bagaimana kami bertukar pengalaman, melihat bagaimana China bisa mengatasi pandemi ini, India bisa mengatasi pandemi,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/2).

Menurut Budi, lima gubernur tersebut bisa mengatasi penyebaran virus Covid-19 di wilayah masing-masing. Asal lima gubernur tersebut bisa mengurangi mobilitas orang. “Kesimpulan kami satu, cara untuk mengatasi pandemi ini adalah dengan mengurangi laju penularan,” jelas dia.

Lockdown Weekend di Jakarta?

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan mengkaji opsi lockdown dalam penanganan Covid-19. Dia mengatakan, opsi tersebut diambil menyusul pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berbarengan dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta tidak efektif.

“Ya, yang disampaikan Pak Jokowi betul, memang ini belum efektif,” kata Riza. Kemudian, muncul opsi lockdown di akhir pekan dari DPR RI yang diyakini Riza bisa menekan penyebaran Covid-19 di Jakarta lebih signifikan dibandingkan dengan PSBB yang saat ini berlaku.

Dia mengatakan, salah satu faktor yang dipertimbangkan adalah berkurangnya klaster perkantoran dan klaster keluarga yang semakin bertambah. Belum lagi fakta bahwa banyak warga DKI Jakarta justru beraktivitas keluar rumah pada akhir pekan. “Memang faktanya di Sabtu-Minggu karena perkantoran tutup, banyak warga Jakarta yang melakukan aktivitas di luar rumah,” kata Riza.

Sebagian besar orang yang pernah tertular Covid-19 memiliki antibodi yang bertahan setidaknya selama enam bulan setelah terinfeksi. Hal tersebut ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh UK Biobank.

Laporan penelitian mencatat, sebanyak 88 persen peserta yang dikonfirmasi positif Covid-19 mempertahankan antibodinya selama enam bulan. Sementara dalam tiga bulan, 99 persen antibodi pada peserta masih bertahan.

Hasil studi ini selaras dengan apa yang ditunjukkan oleh sejumlah penelitian kecil sebelumnya. Hasil studi sebelumnya menunjukkan bahwa tingkat kekebalan alami pada tubuh penyintas Covid-19 bertahan setidaknya enam bulan. (kom/nn/cn/ok/ist)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *