Nyaris Kalah, Jerman Akhirnya Lolos Sebagai Juara Grup

waktu baca 2 menit
Striker Jerman Niclas Fullkrug (dua dari kiri) dipeluk rekan-rekannya di timnas Jerman setelah mencetak gol ke gawang Swiss. (Foto: Eurosport)

FRANKFURT-KEMPALAN: Ambisi tuan rumah Jerman untuk melaju ke fase knockout berbekal status sebagai juara grup nyaris saja hancur berantakan. Menghadapi Swiss dalam laga pemungkas Grup A pada Senin dini hari WIB (24/6) Jerman harus menunggu sampai injury time untuk bernafas lega.

Die Mannschaft (julukan timnas Jerman) diselamatkan oleh gol Niclas Fullkrug saat laga memasuki menit kedua dalam babak injury time. Gol yang menyamakan kedudukan jadi 1-1.

Gol yang juga membuat pendukung Jerman bernafas lega. Pasalnya, Jerman sejak menit ke-28 sudah ketinggalan ketika negara tetangganya tersebut mencetak gol keunggulan di menit ke-28 lewat Dan Ndoye.

BACA JUGA: Jerman Membuka Euro 2024 dengan Rekor Ini

Sebenarnya, Ilkay Gundogan dkk sempat menjebol jala gawang La Nati (julukan timnas Swiss). Tepatnya pada menit ke-17 melalui gelandangnya Robert Andrich. Tetapi, gol itu dianulir karena sebelum Andrich mencetak gol terjadi pelanggaran.

Meski gagal menyapu bersih kemenangan dan menuntaskan target back to back-nya tak kebobolan, Jerman tetap melangkah ke Babak 16 Besar dengan status sebagai jawara di Grup A.

Skuad asuhan Julian Nagelsmann tersebut lolos ke 16 Besar dengan didampingi Swiss di peringkat kedua. Sementara, dalam laga lainnya, Hungaria juga memastikan mereka tak mencetak nirpoin ketika masa injury time.

Magyarok (julukan timnas Hungaria) menjebol gawang Skotlandia saat menit kesepuluh babak injury time. Pemain pengganti Kevin Csoboth yang memecah kebuntuan tersebut dengan golnya.

Sama seperti Csoboth, Fullkrug juga pemain pengganti. Fully (sapaan akrab Fullkrug) di menit ke-76 baru masuk menggantikan wide attacker Jerman Jamal Musiala. Dikutip di laman Daily Telegraph, der trainer Jerman Julian Nagelsann menganggap Fullkrug telah menjadi taktik yang tepat.

’’Dalam momen-momen seperti ini (buntu sampai menit akhir), kami benar-benar perlu sosok seperti Fullkrug,’’ puji Nagelsmann. Gol tersebut jadi koleksi kedua Fullkrug pada Euro 2024 ini.

Sebelumnya, bomber Borussia Dortmund tersebut menjebol gawang Skotlandia di laga pembukaan Euro 2024 (15/6). Berbicara dalam laman resmi UEFA, Fullkrug senang dia bisa menyelamatkan muka tuan rumah Jerman dari kekalahan.

’’Momen penyeimbang adalah momen yang membantu kami segalanya dalam turnamen ini, atmosfer tim dan euforia negeri ini khususnya. Ini sangat bagus dan aku meyakini ini akan jadi pengalaman kami bersenang-senang sebagai tim,’’ tutur Fullkrug. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *