Adhy Karyono: Jatim adalah Rumah Nyaman untuk Semua Etnis dan Agama

waktu baca 2 menit
Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono menerima cinderamata dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. (Foto: dwi arifin/kempalan.com).

SURABAYA-KEMPALAN: Jawa Timur adalah rumah yang nyaman untuk semua etnis dan agama. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat menghadiri halal bihalal dan pentas seni serta bazar bersama masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, yang tergabung dalam Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Islamic Center Surabaya, Minggu (12/5).

“Banyak etnis di Jawa Timur termasuk Banjar, semuanya hidup rukun bersama. Ini membuktikan kalau Jawa Timur adalah rumah yang sangat nyaman untuk semua etnis dan agama,” kata Adhy Karyono dalam sambutannya.

Kedatangan Pj. Gubernur Adhy disambut Gubernur Kalimantan Selatan yang juga Presiden KBB Sa-Dunia, Sahbirin Noor dengan diiringi oleh Kesenian Sinoman Hadrah khas Banjar. Halal Bihalal ini sendiri dihadiri oleh Masyarakat Banjar yang ada di Jatim.

Dalam sambutannya Adhy Karyono juga menyampaikan bahwa masyarakat Jatim selalu terbuka dengan seluruh etnis dan agama. Toleransi dan kebersamaan menjadi modal dalam membangun perekonomian di Jatim.

Hal ini dibuktikan dengan data yang dirilis oleh Pusaka Kemenag Super App, yang mana Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023 mencapai 77,55. Catatan tersebut berhasil melampaui rata-rata Indeks KUB nasional tahun 2023 sebesar 76,02.

Pada kesempatan ini Adhy juga menyampaikan terima kasih dan apresiasianya kepada masyarakat Banjar di Jatim yang selama ini membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian di Jatim.

Menurut Adhy, hubungan dua provinsi antara Jatim dengan Kalimantan Selatan khususnya berkaitan dengan ketersediaan pangan juga dinilai sangat penting.

“Investasi yang semakin tinggi di Jatim didukung oleh semua komponen masyarakat. Salah satunya dari masyarakat Banjar yang ada di Jatim,” ujarnya

“Jatim juga jadi salah satu pemasok bahan pangan terbesar ke Kalimantan Selatan, salah satunya daging sapi,” sambung Adhy.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyampaikan terima kasih kepada Pj. Gubernur Adhy yang telah menyempatkan waktu untuk hadir dalam gelaran halal bihalal bersama masyarakat Banjar.

“Terima kasih kepada Pak Pj Gubernur Jawa Timur yang telah hadir dalam acara hari ini. Kami mendengar sebetulnya bapak memiliki agenda lain, tetapi memilih hadir di acara ini,” katanya.

Gubernur Sahbirin pun berharap dengan berlangsungnya kegiatan halal bihalal, yang dirangkai dengan pentas seni dan bazar tersebut dapat menjadi ajang silahturahmi sekaligus kontribusi masyarakat Banjar dalam meningkatkan perekonomian suatu wilayah.

“Sejak dahulu hingga nanti, kiprah urang Banjar telah dan akan terus memberikan warna dan peran yang signifikan bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya di Jawa Timur,” pungkas gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *