Jalani Playoff Euro 2024, Ini Ambisi Lewy

waktu baca 2 menit
Striker timnas Polandia Robert Lewandowski. (Foto: Sportschau)

WARSAWA-KEMPALAN: Timnas Polandia selalu mampu melangkah ke Euro sejak dari edisi 2008. Lolosnya pun juga sebagai juara grup ataupun runner up di dalam kualifikasi setiap edisi. Yaitu 2012, 2016, dan 2020.

Sekarang, Polandia masih harus menjalani babak playoff terlebih dahulu untuk merebut satu dari tiga tiket lolos tersisa ke Jerman 2024. Laga semifinal playoff jalur A kualifikasi Euro 2024 melawan Estonia di Stadion Narodowy, Warsawa, Jumat dini hari (22/3) jadi pembukanya.

Dengan memenangi laga tersebut, maka skuad berjuluk Orlovi tersebut tinggal menanti pemenang semifinal lainnya yang mempertemukan antara Wales menghadapi Finlandia di Cardiff City Stadium, Cardiff.

Tiket lolos ke Euro 2024 itu yang bisa berharga bagi skuad Polandia dari generasi emas bersama Robert Lewandowski. Selain Lewy (sapaan akrab Lewandowski), generasi dari pasca Euro 2008 yang masih aktif ada Wojciech Szczesny dan Kamil Grosicky.

Rata-rata generasi Lewy yang masih tersisa sekarang ini usia termudanya adalah 33 tahun. Woja (sapaan akrab Szczesny) yang termuda. Lewy dan Grosicki sama-sama 35 tahun.

BACA JUGA: Grup Mudah untuk Jerman dan Tiga Singa di Euro 2024

Dengan rerata umurnya itu, maka Euro 2024 bisa dibilang jadi Euro terakhir generasi Lewy. ’’Menang saat laga pertama dan lolos ke final, itu yang sekarang jadi target kami,’’ klaim Lewy, dilansir dari laman TVP Sport.

Tahun ini, Polandia hanya mampu finis di posisi ketiga kalah bersaing dengan Albania dan Republik Ceko. Tahun ini persentase menang Polandia tidak sampai 45 persen dalam kualifikasi Euro. Terburuknya.

’’Kami sangat yakin (dengan hasil melawan Estonia) dan begitulah pendekatan di playoff kali ini. Kami yakin, kami akan bisa melangkah ke Euro 2024,’’ tambah mesin gol Polandia itu.

BACA JUGA: Lewandowski “Bawa” Ukraina ke Piala Dunia 2022

Akankah lolos atau tidaknya Euro 2024 akan benar-benar jadi Euro terakhirnya? Lewy dan pemain segenerasinya tidak memikirkan itu. ’’Setelah laga berikutnya, saat itu kami akan membuat keputusan,’’ sebut striker FC Barcelona itu.

Selama era generasi Lewy, Polandia bukan hanya selalu lolos ke ajang Euro pada tiga edisi beruntun. Polandia juga selalu tampil di ajang Piala Dunia dua edisi terakhir di Rusia 2018 dan Qatar 2022. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *