Temui Jokowi, Erick Thohir Minta Bantuan Dana untuk PSSI

waktu baca 2 menit
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa dirinya sempat meminta bantuan dana untuk PSSI kepada Presiden RI Jokowi. 

Halitu diungkap Erick Thohir setelah Presiden Jokowi menanyakan secara langsung bantuan apa yang perlu diberikan pemerintah untuk PSSI. 

“Nah, kemarin Pak Jokowi bicara dengan saya. ‘Pemerintah perlu bantu apa?’ Ya saya bilang pendanaan,” ujar Erick Thohir.

Namun, Erick juga menegaskan bahwa PSSI tak boleh menjadi organisasi yang hanya bisa meminta saja, tapi harus bisa juga menghasilkan dana jugan

“Tetapi, saya juga tidak mau PSSI cengeng. Saya meyakinkan bahwa misalnya pemerintah memberikan 100 atau 500, kami juga berusaha mendapatkan dana yang sama,” jelas Erick Thohir.

Erick Thohir menjelaskan bahwa PSSI membutuhkan biaya yang besar untuk operasional Timnas Indonesia. Dia juga membandingkan PSSI dengan Federasi sepakbola dari negara-negara lain di Asia yang mendapatkan dana lebih besar. 

Erick Thohir mengklaim bahwa Jepang berani menggelontorkan dana hingga 170 juta USD atau setara dengan Rp2,6 triliun untuk sepak bola. Sementara Vietnam dan Thailand mampu mengucurkan hingga Rp1 triliun.

“Kita, kalau mau mempunyai Timnas Indonesia yang bagus, angkanya Rp200 sampai Rp250 miliar. Itu kalau dibandingkan dengan Jepang,” tutur Erick Thohir.

“Jepang itu kurang lebih angkanya 179 juta USD. Jauh kita. Negara-negara tetangga kita seperti Vietnam dan Thailand itu sudah di angka Rp1 triliun,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Jadi realitanya seperti itu. Ada uang, ada kesejahteraan, dan ada prestasi,” ungkap mantan Presiden Inter Milan itu.

Untuk mencari pendanaan selain dari pemerintah, PSSI juga sudah kembali menghidupkan PT Garuda Sepak Bola Indonesia pada Juni 2023 yang tugasnya menjadi motor komersialisasi aset dan Timnas Indonesia.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *