Masa Tugas Berakhir, Kusumo Berpamitan

waktu baca 3 menit
Kombes Pol. Kusumo Wahya Bintoro dipanggul usai menyampaikan sambutan perpisahan di Mako Polresta Sidoarjo, Kamis (14/12/2023). (Foto: Reha/Kempalan.con)

SIDOARJO-KEMPALAN: Komisaris Besar Polisi Kusumo Wahyu Bintoro mengakhiri masa tugasnya sebagai Kapolresta Sidoarjo, Kamis (14/12/2023).
Penggantinya AKBP Christian Tobing. Upacara serah terima jabatan akan dilaksanakan di Mapolda Jawa Timur, Jumat (15/12/2023).

Sebelum mengakhiri tugasnya Kusumo berpamitan mulai kepada Waka Polresta Sidoarjo, Pejabat Utama, Kapolsek hingga PNS dilingkup Polresta Sidoarjo. Acara pamitan tersebut dikemas dalam apel pagi di Halaman Mako Polresta Sidoarjo, Kamis (14/12/2023).

“Pagi ini saya akan pamitan karena berdasarkan TR (Telegram Rahasia) tanggal 7 Desember 2023, saya akan melaksanakan tour of area atau perpindahan tugas ke tempat yang baru.
Besok (Jumat, 15 Desember 2023) saya akan menyerahkan tugas dan tanggungjawab kepada AKBP Christian Tobing. Selanjutnya saya akan bertugas sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kamneg Baintelkam Polri,” terang Kusumo dalam sambutan perpisahannya dihadapan peserta apel.

Dikatakannya, sejak mulai bertugas pada 17 Juni 2021 menggantikan Kombes Pol. Soemardji, berbagai kegiatan-kegiatan besar mampu diatasi Polresta Sidoarjo. Hal tersebut tak lepas dari sinergitas dan kekompakan bersama. “Berkat kerja keras selama 2 tahun 5 bulan 29 hari, Alhamdulillah kamtibmas di Kabupaten Sidoarjo relatif kondusif,” katanya.

Lebih jauh dikatakan, awal bertugas ia dihadapkan pada penanggulangan dan pencegahan Covid-19. Setelahnya, membantu memulihkan dan meningkatkan perekonomian Kabupaten Sidoarjo pasca Covid melalui operasi pasar.

“Kita juga sukses mengamankan Harlah 1 Abad NU. Begitupun pengamanan Natal, tahun baru serta Idul Fitri tahun 2021-2023 dapat dilaksanakan dengan baik,” tandasnya.

Tak hanya sukses di bidang kantibmas, di masa kepemimpinannya, Polresta Sidoarjo juga banjir penghargaan. Antara lain: Penghargaan pelayanan prima dengan kategori sangat baik tahun 2022 dan 2023. Penghargaan Top Five OAPSI (Outstanding Achievement of Public Service Innovation) dari KemenPAN-RB terkait pelayanan SKCK Online dan SKCK keliling.

“Ini adalah penghargaan yang paling membanggakan karena di seluruh Indonesia hanya ada 5 institusi yang memperoleh penghargaan tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, tahun ini penghargaan juga datang dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berupa penghargaan inovasi pelayanan publik. Ada juga penghargaan dari Pemerintah Turki yang diberikan melalui Kedubes Indonesia di Turki atas keberhasilan Polresta Sidoarjo mengungkap kasus TPPO atau tindak pidana perdagangan orang.

Dan, yang terakhir adalah penghargaan dari DMI (Dewan Masjid Indonesia). Dimana Polresta Sidoarjo meraih nomor tiga se-Jawa Timur untuk kategori pengelolaan masjid.

“Keberhasilan itu bukan keberhasilan saya pribadi selaku Kapolres, tetapi keberhasilan kita semua.
Keberhasilan yang menunjukkan adanya kekompakan sinergitas. Ini karena semua memahami tugas dan tanggungjawabnya,”.

“Demikian juga kasus-kasus yang cukup menyita perhatian publik berhasil dipecahkan. Kasus-kasus pembunuhan sebagian besar dapat diungkap,” katanya menambahkan.

Di akhir sambutannya, Kusumo, berpesan agar menjaga nama baik Polresta Sidoarjo dan institusi kepolisian. “Yang benar katakan benar yang salah katakan salah. Jangan yang benar kemudian disalahkan. Berikan yang terbaik di manapun anda bertugas karena negara dan bangsa membutuhkan pengabdian rekan-rekan sekalian,”.

“Dalam pergaulan sehari-hari saya juga tidak luput dari salah, khilaf dan dosa. Mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ujar suami Maya Kusumo ini.

Ia juga berpesan pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada 2024 semuanya harus berjalan dengan aman, tertib dan kondusif. Siapapun yang terpilih, siapapun yang memimpin rekan-rekan harus bisa mengamankan.

“Sebelum saya meninggalkan tempat ini: Sanggupkah rekan-rekan bertugas menjalankan pengamanan di tahun 2024? “Sanggup!” jawab seluruh peserta apel. (Muhammad Tanreha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *