Asprov PSSI Jatim Pastikan Liga 3 Bergulir Mulai 5 Desember

waktu baca 4 menit

SURABAYA-KEMPALAN : Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur memastikan kompetisi Liga 3 Jawa Timur akan digelar mulai 5 Desember mendatang. 

Kepastian ini disampaikan dalam acara manager meeting yang diikuti 54 klub peserta kompetisi amatir ini, di Hotel Surabaya Suites, Sabtu (11/11).

Sebanyak 54 tim kontestan ini akan terbagi di 14 grup  dengan sistem kompetisi penuh dengan dua kali home tournament. Sistem ini dipilih karena menyesuaikan dengan ketentuan Perpol dan keadaan infrastruktur. 

Dari 14 grup ini, 12 grup berjumlah empat tim dan dua grup berisi tiga tim. Masing-masing juara dan runner-up grup lolos ke babak kedua. 28 tim yang lolos di babak kedua kembali dibagi dalam 7 grup. Juara dan runner-up grup plus 2 tim peringkat ketiga terbaik melaju ke babak selanjutnya (16 besar) .

“Sejak tragedi Kanjuruhan, perizinan lebih ketat. Dengan sistem itu, tim yang lolos ke putaran nasional tetap bisa memenuhi syarat jumlah pertandingan yang harus dijalani tim yang tampil di putaran nasional,” ujar Djoko Tetuko, Sekretaris Umum Asprov PSSI Jatim.

Di babak pertama hingga 16 besar, akan digelar dengan sistem grouping, kemudian dari 8 besar sampai final menggunakan sistem knock out. Artinya, setiap tim akan bertanding sebanyak enam kali di babak pertama. Kemudian tiga kali tanding di babak 32 besar dan 16 besar. 

Begitu memasuki babak 8 besar sampai ke final, setiap tim akan bertanding satu kali. 

“Total, tim yang lolos sampai ke final akan bertanding sebanyak 15 kali. Ini sudah memenuhi syarat jumlah pertandingan yang ditentukan oleh PSSI,” ujar Djoko. 

Untuk Liga 3 Jawa Timur 2023 ini, akan memiliki title kompetisi Liga 3 Kapal Api. Karena seperti tahun-tahun sebelumnya, Kapal Api Group menjadi sponsor.

 Selain Kapal Api Group, Liga 3 Jatim mendapat tambahan sponsor dari produsen sarung Tenun Mangga. 

Untuk gelaran Liga 3 2023 kali ini, pertandingan boleh  disaksikan oleh penonton, namun tidak diperkenankan untuk penonton atau suporter tim tamu. 

“Ini sesuai dengan ketentuan PSSI. Mudah-mudahan kompetisi berjalan dengan lancar, karena ini akan memperebutkan kuota putaran nasional,” jelasnya. 

Untuk pemain, Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim diikuti pemain kelahiran 1 Januari 2001 hingga 30 Desember 2005, dan 7 pemain senior dimana 5 pemain bisa masuk DSP.

PSSI Jatim menjelaskan, kompetisi Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023 ini sengaja digelar di bulan terakhir 2023. Hal ini dipilih agar tim-tim tak terlalu lama menunggu masa jeda untuk putaran nasional. 

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, kick-off Liga 3 PSSI Jatim 2023 akan dilakukan pada 5 Desember 2023 mendatang. Babak pertama putaran pertama sendiri akan digulirkan tiga hari, yakni 5, 7 dan 9 Desember 2023. Sementara putaran kedua akan digelar pada 13, 15 dan 17 Desember 2023.

“Asumsi kita, Liga 3 Jatim ini akan selesai pada akhir Februari atau awal Maret 2024. Karena 10 Maret itu sudah awal Ramadhan. Putaran nasional sendiri akan digelar pada April mendatang,” jelas Djoko.

Menurutnya, dengan jadwal yang mampat ini, klub-klub tidak menunggu terlalu lama. Secara otomatis, tidak terjadi pembengkakan biaya yang akan memberatkan klub peserta. Dan seperti kompetisi Liga 3 Jatim sebelumnya, klub peserta tidak dipungut biaya, demikian juga semua akomodasi dan transportasi perangkat pertandingan ditanggung Asprov PSSI Jawa Timur.(Ambari Taufiq/M Fadichullisan)

Pembagian Grup Liga 3 Jatim 

Grup A

Banyuwangi Putra

Suryanaga 

Persekap Pasuruan 

Malang United

Grup B

Persewangi 

Persebo Muda Bondowoso

NZR Sumbersari 

Arek Surabaya

Grup C

PSIL Lumajang

Persekam Malang 

Persebo Muda 1964

Surabaya Muda 

Grup D

Persiga Trenggalek

Naga Emas Asri

Persekama Kab Madiun 

Grup E

PS Mojokerto Putra

Assyabaab Bangil

Pamekasan FC (Simo Putra)

Persenga Nganjuk

Grup F

Persipro 1954

Mitra Bola Utama

Bajol Ijo FC

Singhasari FC

Grup G

Persekabpas Pasuruan

Persekap Pasuruan

Mitra Surabaya 

Grup H

Persid Jember

Kresna Unesa

Pasuruan United

Perse Malang

Grup I

PSBI Blitar

Persikoba Batu

Triple S Kediri

Perseta Tulungagung

Grup J

PSM Madiun 

Perseta Tulungagung 1970

Persinga Ngawi

Arema Indonesia

Grup K

Persemag Magetan

Bojonegoro FC

Perspa Pacitan

Persepon Ponorogo

Grup L

Persedikab Kediri

PSBK Kota Blitar

Akademi Arema Ngunut

AC Majapahit

Grup M

Perssu Sumenep

Perseta Sampang

Persepam Pamekasan

Perseba Bangkalan

Grup N

Persibo Bojonegoro

Persatu Tuban

Madiun Putra

Inter Pemuda Kediri 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *