Satu Gol di Bawah Platini, Ini Ambisi Mbappe

waktu baca 2 menit
Bomber timnas Prancis Kylian Mbappe. (Foto: Goal)

SAINT DENIS-KEMPALAN: Sulit menghentikan keran gol Kylian Mbappe. Terlebih saat sudah memperkuat timnas Prancis. Seperti yang terjadi ketika Prancis melawan Yunani dalam Kualifikasi Euro 2024 di Stade de France, Saint Denis, Selasa dini hari (20/6).

Gol semata wayang Mbappe dari titik putih pada menit ke-55 jadi penentu hasil akhir di laga tersebut. Gol yang sudah meneruskan dominasi gol Mbappe untuk Prancis di dalam Kualifikasi Euro 2024 pekan ini.

Donatello (julukan Mbappe) menyumbangkan satu dari tiga gol kemenangan Prancis di kandang Gibraltar (17/6). Begitu pula dengan melawan Yunani. Gol tersebut jadi gol ke-40 yang dikoleksi Mbappe untuk Les Bleus (julukan timnas Prancis).

Mesin gol Paris Saint-Germain (PSG) itu pun sekarang hanya terpaut satu go dari striker legendaris Prancis Michel Platini dan tiga gol dari rekan setimnya di timnas Prancis saat ini Antoine Griezmann.

BACA JUGA: Alasan Deschamps Pilih Mbappe jadi Kapten Prancis

Artinya, besar peluang Mbappe melewati Platini dan Grizi (sapaan akrab Griezmann) di tahun inii juga. Begitu pula dengan rekor gol Thierry Henry (51 gol) dan Olivier Giroud (54 gol).

Berbicara kepada mikrofon TF1, Mbappe merasa dirinya masih jauh dari capaian Platini sebagai legenda timnas Prancis. ’’Dia (Mbappe) tetaplah seorang legenda,’’ kata Mbappe, dikutip dari laman Goal.

’’Tetapi yang penting bagiku adalah kemenangan untuk Prancis malam ini. Kemenangan yang tidak mudah dan kami mencarinya. Kami sudah memberikan segalanya demi tiga poin ini,’’ sambung Mbappe.

Bukan hanya mendekati rekor gol Platini di timnas Prancis. Dengan sebiji golnya itu, dia sekarang sudah melebihi pencapaian legenda timnas Prancis lainnya, Just Fontaine. Itu dari sisi jumlah golnya di semua ajang dalam semusim.

BACA JUGA: Sah, Mbappe Jadi Raja Gol PSG

Ditambah dengan gol ke gawang Yunani, Mbappe sudah mengoleksi 54 gol pada musim 2022—2023 ini. Satu gol di atas pencapaian Fontaine bersama klubnya Stade de Reims dan timnas Prancis pada musim 1957—1958. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *