Masuk dalam Staf Pelatih Inggris, Ini Tugas Hasselbaink

waktu baca 2 menit
Jimmy Floyd Hasselbaink. (Foto: Sky Sports)

NAPLES-KEMPALAN: FederasiSepak Bola Inggris (FA) dalam beberapa tahun terakhir menggulirkan program kesetaraan untuk pelatih-pelatih berkulit hitam untuk menangani timnas Inggris.

Teranyar, Jimmy Floyd Hasselbaink yang ditarik untuk menemani tactician Inggris Gareth Southgate. Hasselbaink menggantikan posisi Chris Powell sebagai asisten Southgate. Sekarang, Powell lebih fokus ke pengembangan akademi Tottenham Hotspur.

Dilansir dari laman Sky Sports, penunjukan Jerrel (sapaan akrab Hasselbaink) sebagai kelanjutan dari program FA yang memperhatikan pelatih-pelatih berkulit hitam. Sama seperti Powell, Hasselbaink juga berkulit hitam.

BACA JUGA: Jelang Hadapi Inggris, Mancini Keluhkan Ini

Di level U-21, mantan pemain timnas Inggris Ashley Cole dan mantan pelatih Guyana Michael Johnson jadi asisten Joleon Lescott. Program itu juga dilanjutkan sampai ke level junior.

Di level tersebut, FA juga sudah menempatkan empat tactician berkulit hitam. Antara lain Jason Euell, Marcus Bignot, Omer Riza, dan Matthew Thorpe. Sebagai mantan pemain Chelsea, masuknya Hasselbaink disambut oleh Ben Chilwell, salah seorang pemain Chelsea dalam skuad The Three Lions (julukan timnas Inggris).

’’Saya senang melihatnya bergabung bersama kami. Dia sosok yang berpengalaman. Terutama di Chelsea,’’ sebut Chilwell dalam laman resmi FA. ’’Dia akan banyak memberi kami pengetahuan, baik di dalam ataupun di luar arena,’’ sambung Chilwell.

Sayangnya, Chilwell tidak akan bekerja sama dengan sosok yang berdarah Suriname tersebut. Sebab, kedatangan Hasselbaink bergabung dengan Southgate yang notebene pernah berteman dengannya semasa memperkuat Middlesbrough pada 2004—2006 itu untuk jadi pelatih lini serangan.

Khususnya mengasah kemampuan kapten sekaligus mesin gol Inggris, Harry Kane. Tugas itu sama seperti yang musim ini dijalani Benny McCarthy dalam menggembleng bomber Manchester United Marcus Rashford. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *