Jelang Hadapi Inggris, Mancini Keluhkan Ini

waktu baca 2 menit
Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini

NAPLES-KEMPALAN: Italia akan menjalani ulangan final Euro 2020 menghadapi Inggris di Stadio Diego Armando Maradona, Naples, Jumat dini hari WIB (24/3). Itu laga pembuka Gli Azzurri (julukan timnas Italia) dalam Kualifikasi Euro 2024.

Berbicara dalam konferensi pers jelang pertandingan big match tersebut, allenatore timnas Italia Roberto Mancini pun menyampaikan uneg-uneg-nya. Terutama saat menyusun nama untuk timnas Italia.

Mancio (sapaan akrab Mancini) mengeluhkan minimnya pemain asli Italia yang berkualitas timnas pada musim ini. ’’Kami bahkan lebih buruk ketimbang (Gareth) Southgate (tactician timnas Inggris),’’ ucap Mancini seperti yang dikutip dari laman Daily Mail.

BACA JUGA: Setelah Dikalahkan Italia, Ini Pelajaran Inggris Sebelum Piala Dunia 2022

Faktanya, dalam Kualifikasi Euro 2024 ini Mancini memanggil pemain kelahiran Argentina, Mateo Retegui. Bomber kelahiran San Fernando, Argentina, tersebut berpeluang debut bagi Italia dalam dua laga pertama Kualifikasi Euro 2024. Termasuk melawan Inggris.

Attaccante yang memperkuat klub Argentina Boca Juniors itu menyusul jejak trio Brasileiro (sebutan orang asli Brasil) dalam skuad Italia. Ketiga nama penggawa Italia kelahiran Brasil itu adalah Emerson Palmieri, Rafael Toloi, dan Jorginho.

Selain membawa pemain kelahiran Amerika Latin dalam skuadnya, Mancini juga diperkuat pemain kelahiran Jerman, Vincenzo Grifo. Retegui dan Grifo dipanggil sebagai solusi timnas Italia ketika kehabisan stok penyerang.

’’Beberapa tahun yang lalu, saya pun pernah mengatakan bahwa pemain yang dilahirkan di Italia harus memperkuat timnas (Italia). Tetapi, masalah itu sekarang sudah tidak ada lagi dan dunia sudah berubah,’’ seloroh mantan tactician Inter Milan dan Manchester City itu.

Inggris bahkan sudah lama menggunakan pemain-pemain yang justru dilahirkan di negara-negara selain Inggris. Seperti Fikayo Tomori (Kanada), Raheem Sterling (Jamaika), ataupun Marc Guehi (Pantai Gading). ’

’Ternyata, kami pun juga melakukan hal yang sama (mengambil pemain yang dilahirkan di negara lain). Percuma untuk membahas masalah ini. Nyatanya Italia hanya memiliki sedikit opsi pemain,’’ sambung Mancini. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *