Politeknik Ubaya Bantu Tingkatkan Pelayanan Administrasi dan Database CV Ria Sukses

waktu baca 2 menit
Politeknik Ubaya melakukan pendampingan administrasi serta pengelolaan database pelanggan dan supplier CV Ria Sukses Surabaya. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan pada Selasa (14/3/2023).

SURABAYAKEMPALAN: Politeknik Ubaya melakukan pendampingan administrasi serta pengelolaan database pelanggan dan supplier CV Ria Sukses Surabaya. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan pada Selasa (14/3/2023).

Pendampingan dilakukan oleh tim dosen yang diketuai oleh Novie Prasetyaning Marhaeni, S.A.B., M.M., serta serta dosen-dosen Politeknik Ubaya, Drs. Barnad, M.T., Edith Primadiana, S.Pd., M.M., dan Agatha Chrystie Wahyono, S.A.B., M.A.B. Pada kesempatan ini, tim pengabdian juga melibatkan 6 orang mahasiswa.

Ketua tim, Novie, mengatakan pengelolaan data pelanggan bagi perusahaan sangat penting dilakukan untuk pemetaan data pelanggan. Hal ini dilakukan agar manajemen dapat menentukan kebijakan atau keputusan yang strategis. “Pengelolaan data juga digunakan untuk menjaga keamanan informasi tentang pelanggan serta untuk mengembangkan area promosi dan pemasaran produk,” imbuhnya.

Novie menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya Politeknik Ubaya dalam mengembangkan dan mengaplikasikan keilmuan. Adanya kegiatan ini juga menjadi salah satu cara belajar yang efektif bagi mahasiswa. “Mereka bisa belajar langsung di lapangan, begitu pula dengan dosen. Harapannya terjadi pembelajaran yang komprehensif untuk pengembangan ilmu dan sebagai motivasi untuk menghasilkan karya terapan yang inovatif,” ujarnya.

Kegiatan diawali dengan observasi dan wawancara dengan beberapa staf perusahaan. Observasi tersebut bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan mitra dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Selain itu, staf juga mendapatkan mentoring secara langsung dalam menjalankan pekerjaannya.

Dalam kaitannya dengan promosi dan pemasaran, tim pendamping memberikan masukan terkait optimalisasi pemanfaatan media sosial dan market place. “Ini merupakan program yang sangat bagus dari insan perguruan tinggi. Kami sangat terbantu karena kendala-kendala yang dihadapi didiskusikan dan dipelajari bersama,” ungkap pemilik CV Ria Sukses Surabaya, Jayadi Hartawan. Ke depannya, Politeknik Ubaya akan terus mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan di bidang administrasi dengan inovasi teknologi yang dapat diadopsi oleh masyarakat industri. (Novie Prasetyaning Marhaeni)

Editor: Freddy Mutiara