Disebut akan Tangani Belgia, Van Gaal: Tanyakan Truus, ya

waktu baca 2 menit
Tacticus Belanda Louis van Gaal. (Foto: The Guardian)

AL RAYYAN-KEMPALAN: Roberto Martinez sudah resmi meninggalkan kursi pelatih Belgia setelah gagal membawa negara tersebut lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022. Federasi Sepak Bola Belgia (KBVB) belum memutuskan siapa pengganti Martinez.

Namun, media-media sudah mengarahkan nama Louis van Gaal sebagai kandidatnya. Van Gaal terikat kontrak sebagai tacticus timnas Belanda sampai Piala Dunia ini berakhir. Bisa lebih awal andaikan Oranje (julukan timnas Belanda) disikat Amerika Serikat dalam Babak 16 Besar di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Sabtu malam (3/12).

BACA JUGA: Belanda Ditahan Imbang, Van Gaal: Kami Harus Banyak Berbenah

Van Gaal pun sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tertarik dengan tawaran Belgia. ’’Menurut saya, Belgia negara yang indah dengan orangnya yang benar-benar ramah. Knokke (-Heist) kota di tepi pantai yang indah. Jadi saya juga memikirkannya (menangani Belgia),’’ ucap Van Gaal seperti yang dikutip dari laman ESPN.

Akan tetapi, The Iron Tulip (julukan Van Gaal) menyebut bukan hanya jawaban dari mulutnya yang jadi pertimbangan andaikan tawaran resmi dari KBVB datang kepadanya. Melainkan juga dengan sang istri, Truus van Gaal.

BACA JUGA: Prediksi yang Lolos dari Grup G, Mencari Pendamping untuk Brasil

’’Kalian harus membujuk Truus dulu ya,’’ sebut Van Gaal lantas tertawa.

’’Saya bercanda. Saya selalu menentukan keputusan saya sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain. Tapi terkadang ketika saya tidak ingin melatih sebuah negara, Truus juga tidak mau,’’ sambung mantan juru taktik Manchester United tersebut.

Dalam karier Van Gaal, peran Truus memang cukup penting. Kepada Truus-lah Van Gaal selalu meminta pertimbangan ketika mendapatkan tawaran menangani sebuah tim. Baik klub ataupun timnas. Itu pula yang jadi penentu comeback-nya Van Gaal dari masa pensiun.

Louis van Gaal dan istrinya Truus van Gaal di Qatar. (Foto: HLN)

Bahkan ketika Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) memintanya kembali dari masa pensiun sepeninggal Frank de Boer yang memilih mengundurkan diri setelah hasil buruk dalam Euro 2020, Van Gaal meminta saran kepada Truus.

’’Boleh, sekali ini saja. Ini yang terakhir,’’ begitulah yang diucapkan Truus saat Van Gaal meminta saran saat ditawari melatih Belanda pada usia kepala tujuh. Di Piala Dunia 2022, Van Gaal juga masih menjadi pelatih tertua. Lalu, apa jawaban Truus jika KBVB benar-benar menawari Van Gaal posisi baru di negara tetangga Belanda itu? (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *