Menu

Mode Gelap

Kempalanart · 13 Nov 2022 06:15 WIB ·

Penyair Jatim Baca Puisi di Ruang PSLI


					Penyair Jatim Baca Puisi di Ruang PSLI Perbesar

KEMPALAN: Geliat literasi sastra puisi kian menjadi-jadi, di berbagai tempat kerap kali baca puisi. Dari ruang sekolah, kampus, rumah budaya, bahkan juga hotel berbintang ada acara baca puisi semacam ini, Entah itu pada saat acara pelatihan cipta-baca puisi bagi siswa atau mahasiswa, bisa juga pada acara reuni silaturahmi. Atau dalam rangka Hari Kemerdekaan atau Hari Pahlawan, selalu saja ada baca puisi.

Baru-baru ini komunitas Wartawan Usia Emas (Warumas) Surabaya, baca puisi di hotel dan perpustakaan Jawa Timur. Bahkan akan tampil juga di luar kota, Bojonegoro dan Jombang.

Lantas pada perhelatan Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2022 ini, ada juga acara baca puisi di JX Jatim Ekspo – Jalan A. Yani Surbaya. Ada tiga nama dari kelompok Warumas akan ikut gabung di acara itu, masing-masing: Kris Maryono (Sidoarjo), Aming Aminoedhin (Mojokerto), dan Wdodo Basuki (Sidoarjo).

BACA JUGA: Guritan Minggu Ini dari PPJS

Selain tiga penyair Warumas, ada juga penyair Jatim lain, yaitu: Tengsoe Tjahjono (Malang), Bagus Putu Parto (Blitar), Denny Tri Aryanti (Surabaya), Herry Lamongan (Lamongan), S. Tejokusumo Warok (Ponorogo), Agus R. Subagyo (Nganjuk), Indri Yuswandari (Blitar), Agus Buchori (Lamongan). Mereka bersebelas akan tampil di tengah ramainya pasar lukisan Jatim Ekspo, 20 November 2022, pukul 19.45. WIB.

M. Anis yang punya gawe PSLI, merasa perlu adanya tampil baca puisi. Bisa baca puisi tentang tema lukisan atau tema apa saja. Yang pasti, penyair baca puisinya sendiri. Sehingga atmosfir seni sastra bisa bersinggungan dengan seni rupa.

BACA JUGA: Sastra Jawa di Jawa Timur Masih Ada

Awalnya, kata Aming Aminoedhin, koordinator acara Baca Puisi PSLI, akan bacakan puisi yang termuat dalam buku “Lukisan Puisi 2017” lalu. Namun, beberapa kawan dikontak ada yang tidak bisa hadir, dan tidak bisa dikonfirmasi. Sehingga yang bisa saja yang akan tampil untuk ramaikan PSLI 2022 ini. Jika saja ada beberapa penonton atau penyair lain, juga ingin baca puisi bisa gabung di acara ini.

Yang pasti, acara cukup menarik, sebab di tengah-tengah ramainya kegiatan literasi; PSLI juga memasukkan kegiatan unsur literasi sastra baca puisi. Percayalah, pasti menarik! Jangan lupa, catat tanggalnya 20 November 2022 Pukul 19.45 WIB. di Pasar Seni Lukis Indonesia. Bisa juga sekaligus nonton lukisan-lukisan yang diperjualbelikan di sana. Siapa tahu tertarik, dan ikut pula membeli.

BACA JUGA: Sumpah Pemuda dan Sastra Indonesia

Salam sehat terus semangat! (*)

Editor: DAD

Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Puisi-Puisi Minggu Ini, dari buku “Mengabdi Tiada Henti”

27 November 2022 - 20:59 WIB

Launching Buku Mengabdi Tiada Henti

27 November 2022 - 20:50 WIB

Puisi Minggu Ini

27 November 2022 - 11:25 WIB

Ngaji Literasi Puisi di Rumah Budaya Malik Ibrahim

27 November 2022 - 10:21 WIB

Sigit Widyanto, Purna Guru Ingin Terus Melukis

26 November 2022 - 17:52 WIB

Perupa Arif Wong Siap Berpameran Tunggal

26 November 2022 - 12:21 WIB

Trending di Kempalanart