Wahabisme

waktu baca 5 menit
Foto: Istimewa

KEMPALAN: LEMBAGA Dakwah PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) meminta pemerintah melarang wahabisme. Usulan itu merupakan hasil dari Rakernas PBNU akhir pekan lalu. Bersamaan dengan itu sebuah video lama beredar kembali dan menjadi salah satu trending topic di Twitter. Isinya wawancara youtuber Deddy Corbuzier dengan Mentreri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Potongan video yang beredar menunjukkan Menteri Yaqut mengatakan bahwa agama Islam adalah agama pendatang di Indonesia, dan karena itu Islam harus menyesuaikan dengan tradisi Indonesia. Potongan 2 menit itu diambil pada dialog menit ke 7 sampai 9 dari total dialog sepanjang 49.25 menit.

Video yang beredar di media sosial mengedit wawancara itu dan langsung menyambungkannya dengan video Habib Rizieq Shihab (HRS) yang merespons pendapat Yaqut. Dengan gaya retorikanya yang khas HRS mengatakan bahwa Islam bukan agama pendatang, karena Islam diturunkan oleh Allah ke dunia untuk seluruh umat manusia.

Kata HRS, Islam bukan agama Arab, Islam adalah agama langit yang diturunkan ke bumi dan karena itu tidak terbatas oleh wilayah geografis. Islam diturunkan di Arab, untuk mengislamkan orang Arab. Budaya Arab yang harus menyesuaikan dengan aturan Islam, bukan sebaliknya. Dalam bahasa HRS, ‘’Arab diislamkan, bukan Islam diarabkan’’.

BACA JUGA: Elina dan Pelosi

Kata HRS, Islam kasuk ke Indonesia memang dibawa oleh orang-orang Arab. Islam akan tetap menjadi agama pribumi di mana pun diturunkan. Orang Arab pendatang di Indonesia. Orang China pendatang di Indonesia. Tetapi, Islam bukan agama pendatang, dan karenanya harus dipribumisasi, diindonesiakan, dan dinusantarakan. ‘’Nabi diutus bukan untuk mengarabkan Islam tapi mengislamkan Arab. Jangan mengerdilkan Islam’’.

Imam Shamsi Ali penasihat Indonesian Islamic Society, Amerika Serikat, juga ikut berkomentar di akun Twitternya. Imam Shamsi mengirim pesan kepada Yaqut dan mengingatkan bahwa Islam datang dari Allah swt, bukan dari Arab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *