Giroud Menatap Piala Dunia di Usia 36 Tahun

waktu baca 2 menit
Selebrasi bomber Prancis setelah menjebol gawang Austria. (Foto: The Guardian)

SAINT-DENIS-KEMPALAN: Tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi. Begitulah pepatah yang cocok disematkan kepada bomber timnas Prancis Olivier Giroud. Pada usianya 35 tahun 357 hari, Giroud bisa menyumbangkan golnya bagi timnas Prancis.

Di Stade de France, Saint-Denis, Prancis menumbangkan Austria dengan dua gol tanpa balas. Kedua gol-gol Prancis tersebut diciptakan masing-masing melalui Kylian Mbappe pada menit ke-56 dan Olivier Giroud pada menit ke-65.

Bagi Giroud, gol tersebut jadi koleksi ke-49-nya bagi Les Bleus (julukan timnas Prancis). Bukan hanya itu, Giroud pun jadi pemain tertua yang mampu menyumbangkan golnya bagi timnas Prancis. Giroud sukses memecahkan rekor Roger Marche pada 1959 silam.

BACA JUGA: Lloris Tegaskan Tak Ada Konflik Internal antara Mbappe dan Giroud

Dalam sebuah pertandingan menghadapi Spanyol, Marche menciptakan golnya ketika usianya sudah di angka 35 tahun 287 hari.

Dengan demikian, Ollie (sapaan akrab Giroud) berpeluang besar mencapai Piala Dunia 2022 dengan usia 36 tahun lebih. Apalagi setelah entraineur Prancis Didier Deschamps membuka peluang Giroud bermain membela Prancis dalam ajang yang berlangsung di Qatar dua bulan lagi itu.

’’Apa lagi yang dapat dilakukan Giroud untuk pergi ke Piala Dunia?’’ tanya Deschamps dalam konferensi pers setelah laga itu tanpa menyebut besarnya peluang Giroud membela Prancis. Seperti yang dikutip di laman Eurosport.

’’Saya akan membiarkan Anda menafsirkan seperti yang Anda inginkan sendiri. Yang jelas saya sangatlah senang untuk Olivier, dia pantas mendapatkannya. Dia memiliki periode ketika itu jauh lebih rumit untuk kariernya. Terutama di level klub,’’ tutur Didi (sapaan akrab Deschamps).

Dia pun melontarkan tantangan yang harus dijawab Giroud supaya bisa mencapai Piala Dunia 2022 nanti dengan mantap. ’’Dia terus tampil bagus bersama kami. Jika saya memanggilnya dan saya memasangnya di lapangan, itu karena saya menginginkan dia bisa semakin bagus dan menciptakan gol-gol lagi,’’ imbuh Deschamps.

Didi tidak mengatakan tidak bagi attaccante AC Milan tersebut. ’’Tidak satu pun pemain (timnas Prancis) yang sudah pasti berada di sana (skuad Piala Dunia). Akan ada banyak persaingan menuju ke skuad 26, di situ dia harus memastikan dirinya sendiri bisa berada di sana. Saya tahu, ketika dia dihormati publik, maka saya akan punya banyak waktu untuk berpikir,’’ tegasnya. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *