Manusia yang Tak Bisa Lepas dari Gawai

waktu baca 4 menit
ILUSTRASI: Main gawai.(Foto: PEXELS)

KEMPALAN: PERKEMBANGAN teknologi secara cepat telah membawa dunia memasuki era globalisasi yang serba maju dan modern. Pada zaman yang serba modern ini manusia lebih dituntut mengikuti perkembangan zaman yang membuat kehidupan menjadi serba praktis, efektif, dan efisien. Hal ini dikarenakan oleh kebutuhan hidup yang semakin kompleks.

Karena itu, diciptakanlah alat-alat yang dapat membantu kelancaran dan meringankan beban pekerjaan manusia salah satunya adalah gawai. Gawai adalah teknologi kecil yang memiliki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Pada dasarnya alat canggih diciptakan untuk membuat hidup manusia menjadi semakin mudah dan nyaman dalam komunikasi antar setiap individu.

Di zaman sekarang ini, manusia lebih mementingkan memiliki gawai dan membeli kuota internet bahkan anak prasekolah yang belum waktunya memiliki gawai sendiri sudah banyak ditemui saat ini. Bahkan ketika sedang berkumpul bersama teman, keluarga, atau bahkan orang terkasih pun masih sempat asik bermain gawai. Dengan kata lain gawai menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh.

BACA JUGA: Broken Home, Pemicu Bunuh Diri Remaja?

Bagi setiap individu gawai merupakan kebutuhan pokok yang wajib dan harus dimiliki. Siapapun memang tidak bisa lepas dari gawai bahkan ketika bangun tidur pun yang dicari pertama kali adalah gawai. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa gawai juga dapat memenuhi kebutuhan setiap manusia akan informasi, komunikasi, pendidikan, bahkan sebagai sarana hiburan.

Tetapi hal ini mengakibatkan timbulnya ketergantungan terhadap gawai. Ketergantungan tersebut bisa dinilai sebagai positif dan bahkan negatif juga. Semuanya kembali lagi ke setiap individu bagaimana cara penggunaan gawai secara bijak.

Gawai dilengkapi juga dengan berbagai fitur yang memfasilitasi para penggunanya untuk terhubung satu sama lain secara praktis. Selain itu, gawai juga membantu memperoleh berbagai sumber informasi. Gawai selain menjadi alat komunikasi dan sumber informasi juga dilengkapi berbagai fitur yang menjadi pintu masuk untuk mengakses berbagai media social, game, dan fitur lainnya secara daring yang bahkan belum sesuai dengan usia karena gawai dapat diakses oleh siapa saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *