Menu

Mode Gelap

kempalanews · 22 Jun 2022 19:39 WIB ·

Zulhas: Minyak Goreng Curah Kemasan Dibanderol Rp14.000 Per Liter, Warga Diizinkan Beli Maksimal 10 Liter Per Hari


					Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan meninjau minyak goreng di pasar tradisional (Instagram @zul.hasan) Perbesar

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan meninjau minyak goreng di pasar tradisional (Instagram @zul.hasan)

JAKARTA-KEMPALAN: Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan mengatakan bahwa akan segera memproduksi minyak goreng curah kemasan dan akan diedarkan kepada masyarakat di pekan depan. Selain itu, mulai hari ini masyarakat diizinkan membeli minyak goreng curah maksimal 10 liter per hari.

Sebelumnya, per hari masyarakat hanya diizinkan membeli minyak goreng curah maksimal sebanyak 2 liter. Namun, pembelian minyak goreng curah tersebut berlaku dengan syarat harus menunjukkan KTP.

“Sepuluh liter sudah boleh, paling tinggi sepuluh,” ungkap Zulkifli pada saat kunjungannya ke salah satu penjual di bilangan Pasar Klender, Jakarta Timur pada Rabu (22/6/2022).

Siasat tersebut ada karena saat ini pasokan minyak goreng curah per bulan telah mencapai 300 ribu liter per bulan dan harga minyak di pasaran sudah stabil dengan dibanderol seharga Rp14.000 per liter.

“Karena barangnya ada, bahkan lebih dengan harga Rp14 ribu per liter,” ujarnya.

Zulkifli juga mengatakan bahwa pemerintah akan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana yang diberi sebutan ‘Minyak Kita’. Minyak goreng kemasan tersebut tetap dibanderol seharga Rp14.000 per liternya.

Menurutnya, ia optimis dapat menyelesaikan permasalahan pasokan minyak goreng curah yang dipatok seharga Rp14.000 dalam dua minggu.

“Untuk minyak (curah) yakin 2 minggu stabil. Dua minggu ini enggak ada ribut minyak ya, paling tidak di Jawa, Bali, dan Sumatera,” ungkap keoptimisannya.

Zulkifli menambahkan, untuk memenuhi target tersebut Kementrian Dalam Negeri bekerja sama dengan stakeholder lainnnya untuk menambah titik lokasi penjualan minyak goreng curah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Peluncuran minyak goreng curah kemasan kepada masyarakat masih berada dalam tahap proses perizinan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Pak Oke sedang menyiapkan minyak goreng curah kemasan sederhana, nanti mulai Senin lah ya, sekarang lagi di urus izinnya,” ujar Zulkifli.

Menteri dalam negeri tersebut juga memastikan kepada masyarakat bahwa nantinya tidak ada kenaikan harga pada minyak goreng curah kemasan sederhana tersebut.

“Jadi kita kasih waktu satu Minggu, maka akan ada minyak curah kemasan sederhana, kalau sudah dikemas, nanti harga ditulis Rp14.000, kalau sudah kemasan itu pasarnya akan lebih luas,” ungkapnya.

Sedangkan, terkait dengan biaya produksi, menurutnya akan ditanggung oleh produsen minyak goreng curah.

“Ini sama dengan program MGCR (minyak goreng curah rakyat), yang beda hanya pada kemasannya, (biaya) ditanggung produsen, jadi tidak naik lagi,” jelasnya. (ekonomi.bisnis/CNN/Kompas/economy.okezone, Arlita Azzahra Addin)

Editor: Reza Maulana Hikam

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Menpan/RB Tjahjo Kumolo Wafat, Gubernur Khofifah Menyampaikan Duka Cita Mendalam

1 Juli 2022 - 15:05 WIB

Tjahjo Kumolo Wafat, Gubernur Khofifah: Beliau Sosok yang Demokratis, Bijak, Tegas, dan Rendah Hati

1 Juli 2022 - 15:04 WIB

India Terkesan RIOK Championship 2022

1 Juli 2022 - 14:42 WIB

Aksi Peduli di Hari Bhayangkara ke-76, Polsek Tanggulangin Bagi Sembako

1 Juli 2022 - 12:25 WIB

HUT Bhayangkara ke-76, Puan Harap Polri Makin Profesional dan Humanis ke Rakyat

1 Juli 2022 - 12:12 WIB

Kado Hari Bhayangkara ke-76, Kapolresta Sidoarjo Raih iNews Maker Award 2022

1 Juli 2022 - 11:26 WIB

Trending di kempalanews