Menu

Mode Gelap

kempalanews · 21 Mei 2022 20:14 WIB ·

Menakar Indonesia ke Depan ala Gubernur Ganjar di Kampus UBAYA, Rektor: Kewajiban Moral Politik Kebangsaan terhadap Bangsa dan Negara


					Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Rektor UBAYA Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT dan Ketua Yayasan UBAYA Anton Prijatno dalam studium generale 2022-2023 di kampus UBAYA Tenggilis, Jumat (20/5/2022). Perbesar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Rektor UBAYA Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT dan Ketua Yayasan UBAYA Anton Prijatno dalam studium generale 2022-2023 di kampus UBAYA Tenggilis, Jumat (20/5/2022).

Surabaya-KEMPALAN: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan pentingnya literasi digital kepada mahasiswa Universitas Surabaya (UBAYA) saat menjadi pembicara studium generale 2022-2023 di kampus UBAYA Tenggilis, Jumat (20/5/2022).

“Ada keresahan dari mahasiswa tentang dunia digital yang begitu sadis. Apa yang dilakukan? Ya literasi digital,” kata Ganjar dalam kuliah tamu bertema “Dinamika Kebangsaan yang Bhinneka, Teknologi, dan Geopolitik Dunia.”

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam studium generale 2022-2023 di kampus UBAYA Tenggilis, Jumat (20/5/2022).

Menurut dia, jika hari ini tidak mendampingi anak-anak dan tidak mengedukasi tentang literasi digital, maka akan membahayakan masa depan. Sebab, ruang digital diisi oleh orang yang marah, merundung dan menyebar hoaks.

“Maka ini yang harus dikembangkan. UBAYA sebagai institusi dan lembaga moral punya tanggung jawab moral untuk itu,” ujar Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Rektor UBAYA Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT dalam studium generale 2022-2023 di kampus UBAYA Tenggilis, Jumat (20/5/2022).

Sementara itu, Rektor UBAYA Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT dalam seri diskusi kebangsaan yang diberi judul “Menakar Indonesia ke Depan” dan dihadiri juga oleh Ketua Yayasan UBAYA Anton Prijatno, mengapresiasi kedatangan Ganjar Pranowo, di kampus UBAYA. “Di sini hadir beragam kalangan atau komunitas, mulai mahasiswa, dosen, aktivis, pengusaha, tokoh masyarakat, hingga masyarakat umum, yang memiliki kepedulian serta komitmen yang sama terhadap arah masa depan bangsa. Sekali lagi, saya mengucapkan selamat datang dan apresiasi setinggi-tingginya,” ujar Benny.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Rektor UBAYA Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT dan Ketua Yayasan UBAYA Anton Prijatno dalam studium generale 2022-2023 di kampus UBAYA Tenggilis, Jumat (20/5/2022).

Menurut Benny, konteks yang menjadi dasar pemikiran diskusi kebangsaan adalah sejak 1996 atau dua tahun sebelum terjadinya reformasi 1998, UBAYA memiliki tradisi membuat forum yang menghadirkan tokoh-tokoh nasional untuk diajak berdialog membicarakan persoalan dan arah perjalanan bangsa. Pada masa-masa itu, seperti kita tahu, bangsa ini sedang mengalami krisis yang diawali oleh krisis moneter (krisis utang luar negeri), yang kemudian meluas menjadi krisis politik.

“Pada situasi seperti itulah, UBAYA terpanggil menegaskan posisinya sebagai perguruan tinggi yang memiliki kewajiban moral politik terhadap bangsa dan negara. UBAYA merasa memiliki kewajiban untuk terlibat dalam upaya mencari solusi atas persoalan-persoalan yang dialami bangsa. Namun perlu dicatat dengan garis tebal, bahwa politik kampus (dalam hal ini UBAYA) adalah politik non-partisan, politik kebangsaan. Bukan politik kepartaian atau politik kekuasaan. Inilah komitmen UBAYA,” terang Benny.

Sebagaimana diketahui, sejak 1996 sampai 1998, UBAYA mengundang beragam tokoh kebangsaan dan demokrasi untuk diajak mendiskusikan berbagai persoalan bangsa, seperti KH Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, Amien Rais, Prof. Emil Salim, KH Hasyim Muzadi, Nurcholish Madjid (Cak Nur), Sultan Hamengkubuwono X, Akbar Tandjung, KH Said Aqiel Siraj, dan sebagainya. Tradisi ini dilanjutkan pada masa pasca reformasi, juga dengan mengundang beragam tokoh kebangsaan. Pada 1 Maret 2014 misalnya, UBAYA mengundang Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri dan Bapak Joko Widodo (saat masih menjabat Gubernur DKI) untuk memberi kuliah umum kebangsaan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam studium generale 2022-2023 di kampus UBAYA Tenggilis, Jumat (20/5/2022).

“Hari ini, UBAYA kembali menyelenggarakan diskusi kebangsaan Menakar Indonesia ke Depan dengan seri pertama menghadirkan Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, untuk memberi materi tentang dinamika kebangsaan yang bhinneka, transformasi teknologi, serta geopolitik dunia. Sebagai salah satu tokoh yang diperkirakan akan ikut memberi warna pada arah Indonesia ke depan, gagasan Bapak Ganjar Pranowo terkait bangsa ini rasanya perlu kita dengarkan bersama. Apalagi, saat ini dunia mengalami perubahan dramatik akibat fenomena transformasi teknologi (terutama teknologi digital) serta pergeseran geopolitik dunia,” papar Benny.

Pada seri-seri berikutnya, UBAYA akan mengundang tokoh-tokoh nasional dan kebangsaan lainnya untuk diajak berbagi gagasan atau wacana tentang arah Indonesia ke depan. “UBAYA akan mencatat, mengompilasi, dan mengolah gagasan atau wacana yang muncul dalam seri diskusi ini untuk diterbitkan menjadi sebuah buku. Harapan kami, buku ini bisa menjadi rujukan publik yang ingin mengetahui gagasan atau wacana kebangsaan masing-masing tokoh,” pungkas Benny. (*)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Menpan/RB Tjahjo Kumolo Wafat, Gubernur Khofifah Menyampaikan Duka Cita Mendalam

1 Juli 2022 - 15:05 WIB

Tjahjo Kumolo Wafat, Gubernur Khofifah: Beliau Sosok yang Demokratis, Bijak, Tegas, dan Rendah Hati

1 Juli 2022 - 15:04 WIB

India Terkesan RIOK Championship 2022

1 Juli 2022 - 14:42 WIB

Aksi Peduli di Hari Bhayangkara ke-76, Polsek Tanggulangin Bagi Sembako

1 Juli 2022 - 12:25 WIB

HUT Bhayangkara ke-76, Puan Harap Polri Makin Profesional dan Humanis ke Rakyat

1 Juli 2022 - 12:12 WIB

Kado Hari Bhayangkara ke-76, Kapolresta Sidoarjo Raih iNews Maker Award 2022

1 Juli 2022 - 11:26 WIB

Trending di kempalanews