Menu

Mode Gelap

kempalanews · 17 Mei 2022 14:40 WIB ·

Lomba Adzan Nasional Berhadiah Umrah Digelar


					ILUSTRASI: Istimewa Perbesar

ILUSTRASI: Istimewa

JAKARTA-KEMPALAN: Untuk menyemarakkan Bulan Syawal, sekaligus memelihara suasana kebatinan Ummat Islam pasca Ramadhan, sebuah event religi Ke-Islaman terbesar digelar Mei-Agustus 2002 ini. Event Lomba Adzan Nasional ini diselenggarakan DPP Partai Ummat, dengan tagline Lomba Adzan Bersama Partai Ummat. Event dimulai hari ini hingga 27 Juni 2022 mendatang. Dengan diselenggarakannya program bersekala Nasional untuk WNI ini, diharapkan kecintaan Ummat di Indonesia pada Adzan dan Shalat lima waktu, akan bertambah dan tidak lekang oleh waktu.

“Kita tidak mau suasana Ramadhan kemarin hilang begitu saja. Ini berlanjut Bulan Syawal, kita usahakan untuk terus kita pelihara suasananya agar tidak cepat ditelan waktu,” kata Dr. Nur Wahyudhi, SH., MBA selaku penanggungjawab event besar ini, Selasa (17 Mei 2022) siang. Menurutnya, gagasan Lomba Adzan ini sudah dicetuskan sejak sebelum Ramadhan. Namun, karena di internal Partai Ummat juga full event, maka baru bisa dipublish saat ini.

Nur Wahyudhi menjelaskan, untuk mengikuti lomba besar ini, tidak terlalu sulit. Peserta cukup mengunggah rekaman adzan kea kun IG (Instagram), sambal nge-tag dan nge-Follow akun milik Partai Ummat yakni @partaiummatofficial dan @ridhorahmadiofficial. Setelah itu, sudah cukup syarat sebagai peserta lomba.

“Namun, sebagai syarat awal, peserta tetap dibatasi usianya. Ini terkait dengan misi kaderisasi muadzin dan juga terkait hadiah Umrah yang disediakan. Jadi, kategori peserta dibagi dua: Kategori pertama, usia peserta harus berusia 10-15 tahun. Kategori kedua, peserta harus berusia 16-25 tahun. Selain umur, peserta juga harus mampu memafaatkan waktu 7 menit untuk mengumandangkan adzan Subuh, serta mampu memperkenalkan diri dalam durasi 7 menit tersebut. Pengenalan diri tersebut, ada nama, usia, dan asal Daerah,” ujar Nur Wahyudhi yang juga Bendahara Umum Partai Ummat ini.

Selain syarat di atas, diharapkan semua peserta membuat tagar #LombaAdzanPartaiUmmat, #AdzanBersamaPartaiUmmat, serta #PartaiUmmat dalam setiapunggahan peserta. Nur Wahyudhi memperkirakan, peserta lomba ini akan merata di setiap daerah, terutama daerah yang sudah terjangkau internet dan media sosial.

“Kami sengaja menyediakan Hadiah Utama berupa Tiket Umrah untuk Kategori usia 16-25 tahun. Maka peserta Lomba Adzan ini harus Muslim. Selain Hadiah Umrah, bagi pemenang lainnya, semua dapat Hadiah Uang Pembinaan serta E-Certificate dari Partai Ummat. Total ada 12 Hadiah bagi peserta yang memiliki vocal dan makhraj, Adab serta Kerapian terbaik dalam lomba ini. Dengan demikian, kami berharap banyak yang bakal ikut.

Menurutnya, kesempatan ini alangkah baiknya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. Karena dengan lomba ini, maka masyarakat akan berkontribusi menjadi penjaga dan pemelihara panggilan Shalat, agar ajaran Islam terus terjaga dengan baik, dan tidak hilang oleh waktu. Insya Allah bermanfaat dunia akherat.

“Kami memiliki harapan besar, bahwa suara Adzan pun bisa dilombakan. Sehingga, setiap Masjid nantinya memiliki muadzin pilihan. Masjid banyak yang bagus. Tetapi, kadang muadzin-nya hanya sekedarnya saja. Dengan adanya lomba ini, kami di Partai Ummat mencoba memfasilitasi para peserta agar ikut berkontribusi nyata, dalam mejaga agama Illahi ini,” tegas Nur.

Nur menambahi, karena mudahnya menjadi peserta, maka tidak ada kendala apapun untuk turut menjadi peserta. Karena saat ini, hampir setiap orang punya media sosial dan mudah mengaksesnya.

“Kunci ada pada unggahan, bukan pada kepemilikan akun Instagram. Jadi pada intinya, peserta bisa pinjam akun siapapun. Tidak harus milik sendiri. Karena kami juga memahami, khususnya yang kategori usia 10-15 tahun, mungkin belum punya akun Instagram. Maka mereka boleh meminjam akun orangtuanya, kakaknya, atau tetangganya. Yang penting suara adzannya terdengar, dan gambarnya terlihat jelas,” demikian Nur Wahyudhi menutup penjelasannya. (*)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 645 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

India Terkesan RIOK Championship 2022

1 Juli 2022 - 14:42 WIB

Aksi Peduli di Hari Bhayangkara ke-76, Polsek Tanggulangin Bagi Sembako

1 Juli 2022 - 12:25 WIB

HUT Bhayangkara ke-76, Puan Harap Polri Makin Profesional dan Humanis ke Rakyat

1 Juli 2022 - 12:12 WIB

Kado Hari Bhayangkara ke-76, Kapolresta Sidoarjo Raih iNews Maker Award 2022

1 Juli 2022 - 11:26 WIB

Hari Bhayangkara Ke-76, Khofifah Ajak Jajaran Porli Perkuat Sinergi Pemulihan Ekonomi di Jatim

1 Juli 2022 - 09:49 WIB

Pameran Karya Jurnalistik Lintas Generasi, Tampilkan Don Hasman

1 Juli 2022 - 07:35 WIB

Trending di kempalanews