Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 11 Mei 2022 01:45 WIB ·

Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo Launching Unit Usaha Umsida, Ekspor 3 Ribu Tanaman Hias ke Amerika


					Inilah jenis Tanaman Hias Unit Usaha Bisnis Umsida yang akan di Eksport ke Houston Amirika Serikat  bersama Syaichul Ghulam Asisten III ( tengah) bersama  Bupati Gus Muhdlor dan PW Muhammadiyah Jatim Perbesar

Inilah jenis Tanaman Hias Unit Usaha Bisnis Umsida yang akan di Eksport ke Houston Amirika Serikat bersama Syaichul Ghulam Asisten III ( tengah) bersama Bupati Gus Muhdlor dan PW Muhammadiyah Jatim

SIDOARJO-KEMPALAN: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo(Umsida) memiliki unit bisnis baru PT. Umsida Sinergi Utama (USU) yang langsung melakukan eksport perdana 3 ribu bibit tanaman hias ke Amerika Serikat. Unit bisnis Umsida PT. USU dilaunching pada moment Halal bi Halal keluarga besar UMSIDA di Auditorium KH. Ahmad Dahlan Kampus Kampus 1 UMSIDA, Selasa 11/05/2022.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui Asisten III Setdaprov Jatim, Syaichul Ghulam, juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Umsida yang melakukn ekspor perdana tanaman hias ke Houston Amirika Serikat. Inovasi ini yang merupakan pengembangan pemasaran ini memotivasi pelaku usaha lainnya terutama dari kalangan perguruan tinggi di Jawa Timur untuk melakukan terobosan pasar internasional untuk komoditas unggulan di masing-masing daerah dan pelaku ekspor.

“Ekspor perdana tanaman hias ke Houston yang dilakukan oleh Unit Bisnis Umsida ini, menambah volume ekspor Jatim terutama ke Amirika juga jenis komoditasnya, ini inovasi bisnis dan pemasarannya bisa menginspirasi perguruan tinggi lainnya dan pelaku ekspor di Jawa Timur,” jelas Asisten III Setdaprov Jatim.

Dipaparkannya, ekspor ini menjadi salah satu mekanisme menyeimbangkan neraca perdagangan internasional Jawa Timur dan mendongkrak kesejahteraan petani terutama tanaman hias yang difasilitasi oleh Unit Bisnis Umsida ini.

Neraca ekspor Jatim pada bulan Maret 2022 mengalami kenaikan sebesar 17 % dibandingkan bulan Pebruari 2022 yaitu dari USD 1,85 miliar menjadi USD 2,17 miliar. Peningkatan ekspor ini disebabkan oleh peningkatan kinerja ekspor Jatim sektor non migas yang menyumbang 96,45 % dari total ekspor Jatim.

Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo secara Simbolis ikut melaunching eksport perdana tanaman hias Unit usaha Umsida ke Houston USA

“Upaya peningkatan ekspor komoditi pertanian ini diperlukan optimalisasi peningkatan daya saing produk pertanian dan integrasi produksi berskala kawasan,” terang Ghulam.

Gus Muhdlor memberikan apresiasi positif atas dilaunchingnya PT. USU yang menjadi unit bisnis baru Umsida. Menurutnya apa yang dilakukan Umsida seperti ini akan membantu pemerintah dalam pemulihan perekonomian dikala pandemi Covid-19. Untuk itu atas nama pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Gus Muhdlor sangat mengapresiasi launching unit bisnis dari Umsida kali ini.

Gus Muhdlor juga menyambut baik langkah Umsida dalam meningkatkan perekonomian yang mengalami perubahan. Umsida tidak hanya menyasar kegiatan jual beli pasar domestik namun juga pasar eksport.

Sementara itu Rektor UMSIDA Dr. Hidayatulloh M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa makna di balik tema halal bi halal yang diusung, merupakan bentuk semangat untuk menjadikan Umsida sebagai perguruan tinggi yang unggul, berdaya saing yang kuat, dan bernilai intelektual.

“UMSIDA berupaya untuk meningkatkan berbagai bidang baik akademik, meningkatkan catur dharma Muhammadiyah. Untuk itu kami terus mendorong peningkatan bagi dosen, agar bisa mencapai kuota 50% bergelar doktor dan 70% bergelar Lektor. Selain capaian rekognisi, maka Umsida selama 2 tahun akan menambah 3 prodi baru, yaitu S2 ilmu komunikasi, S1 Fisioterapi, dan pembukaan S1 Kedokteran,” ujarnya.

Hidayatullah juga menjelaskan pengembangan di bidang non akademik Umsida yaitu launching unit bisnis PT Umsida Sinergi Utama. Umsida telah mengembangkan beberapa unit bisnis. Seperti yang sudah ada Surya Mart, Umsida kuliner, layanan konsultasi psikologi, layanan fisioterapi, Klinik kesehatan, lembaga sertifikasi profesi, dan agribisnis dengan 3 fokus utama yaitu fokus tanaman hias dan kultur jaringan.

Pada kegiatan Umsida kali ini memberikan penghargaan berupa ibadah umroh kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi selama lebih dari 20 tahun dengan kinerja sangat baik. Kelima dosen dan tenaga kependidikan tersebut adalah Drs Mu’adz MAg, Patricia Diah Hamidi AMd, Ir Sumarno MM, Drs Nurasik MM dan M Sholeh.

Dengan mengusung tema Idul Fitri dan semangat berprestasi, Halal Bi Halal yang di tutup dengan Tausyiah Sekum PP Muhammadiyah ini turut dihadiri oleh Ketua BPH Umsida Prof Dr Achmad Jainuri MA PhD, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) KH M Saad Ibrahim MA, Asisten administrasi umum setda prov. Jatim Drs Sjaichul Ghulam MM, ketua PWA Jatim Dra Hj Siti Dalilah Candrawati MAg, Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor Ali SIP, Anggota DPR RI Komisi 10 Prof Dr H Zainuddin Maliki MSi, Pimpinan Bank Mitra Umsida, Pimpinan Cabang Aisyiyah se-Sidoarjo, Kepala Sekolah Muhammadiyah se-Sidoarjo, dan sederet tamu undangan lainnya.
(Ambari Taufiq)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ganjar Komit Dukung Pertanian Organik dengan Bantuan Prioritas

17 Mei 2022 - 06:42 WIB

Tidak Hanya Omzet Naik, Tampil di Lapak Ganjar Bengok Craft Bisa Pameran di Jepang

16 Mei 2022 - 20:01 WIB

Kunjungan Wisman di Jatim Meningkat, Gubernur Khofifah Minta Bupati dan Wali Kota Maksimalkan Infrastruktur Penunjang Pariwisata

16 Mei 2022 - 14:06 WIB

Festival Lauhan di Jateng Tembus 600 Peserta, Ganjar: Ada Breeding, Jual Beli dan Edukasi

16 Mei 2022 - 07:08 WIB

Berkelas! Potret Gubernur Anies Diskusi dengan Delapan Perusahaan Raksasa Inggris

15 Mei 2022 - 20:11 WIB

Kado Istimewa HIPMI di HJKS ke 729, Gelar SBF Demi Pulihkan Ekonomi Surabaya

15 Mei 2022 - 18:50 WIB

Trending di Kempalanbis