Menu

Mode Gelap

kempalanews · 4 Mei 2022 08:07 WIB ·

Anies: Revitalisasi Pasar Gembrong Mulai Pekan Depan


					Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Gembrong, Jakarta Timur. (Foto: Instagram @aniesbaswedan) Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Gembrong, Jakarta Timur. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

JAKARTA–KEMPALAN: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Pasar Gembrong, Jakarta Timur pada momen Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Ia berlebaran dengan warga dan pedagang yang terdampak kebakaran pada Minggu, 24 April 2022 lalu.

“Di hari yang fitri kembali bersilaturahmi dengan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di kawasan Pasar Gembrong,” kata Anies melalui Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Selasa, 3 Mei 2022.

Selain bersilahturahmi, Anies juga mengajak warga yang terdampak untuk terlibat dalam poses revitalisasi kawasan Pasar Gembrong pascakebakaran.

“Kami ingin mereka ikut menyuarakan aspirasinya, serta menjelaskan kebutuhan revitalisasi kawasannya, agar bisa tetap optimistis menyongsong hari esok,” ucap Anies.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu pun menargetkan proses revitalisasi kawasan tersebut akan dimulai pekan depan dengan melibatkan berbagai pihak.

“Insya Allah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan, dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari Basnas Bazis DKI, Forkompinda, perwakilan warga, juga pihak swasta,” ungkapnya.

Anies menambahkan, revitalisasi ini akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga. Dengan demikian, warga yang terdampak kebakaran, dapat kembali menempati hunian yang lebih baik.

Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, Anies mengatakan ke depan ia dan jajarannya juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri.

Seperti sanitasinya, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya.

“Sehingga saat mereka menempati kawasan yang sudah direvitalisasi, mereka memiliki gaya hidup dan kebiasaan baru, khususnya untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Anies juga memberikan bantuan makanan cepat saji guna berbagi kebahagiaan di momen lebaran tahun ini.

“Kemarin kami juga memberikan bantuan berupa makanan cepat saji, yakni sejumlah paket nasi biryani untuk mereka. Walaupun tidak seberapa, Insya Allah dengan ini warga bisa merasakan santapan yang enak untuk Lebaran,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kebakaran terjadi di kawasan Pasar Gembrong, Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu, 24 April 2022 sekitar pukul 21.10 WIB.

Adapun bangunan yang hangus lantaran kobaran api itu diperkirakan sekitar 400 unit yang terdiri dari rumah dan pertokoan.(kba)

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wali Kota Eri Cahyadi Berangkatkan Bromo KOM Challenge 2022, Kejuaraan Bersepeda Bakal Jadi Agenda Rutin Perayaan HJKS

21 Mei 2022 - 20:47 WIB

Menakar Indonesia ke Depan ala Gubernur Ganjar di Kampus UBAYA, Rektor: Kewajiban Moral Politik Kebangsaan terhadap Bangsa dan Negara

21 Mei 2022 - 20:14 WIB

Gelar Doa, Yasin dan Tahlil Tujuh Hari Korban Kecelakaan Bus Ardiansyah, Taman Zakat Ajak Puluhan Anak Yatim

21 Mei 2022 - 19:55 WIB

Bupati Gus Muhdlor Pastikan Jalan Rusak di Kawasan Buduran Diperbaiki sebelum Akhir Mei

21 Mei 2022 - 19:30 WIB

700 Peserta Meriahkan Festival Rujak Uleg di HJKS ke 729

21 Mei 2022 - 18:35 WIB

Jangan Ada Calon Jama’ah Haji Batal karena Vaksin Belum Lengkap. Khofifah: Vaksinasi Covid-19 Gratis di Semua Faskes

21 Mei 2022 - 14:05 WIB

Trending di kempalanews