Gubernur Anies Lepas Keberangkatan Mudik dan Balik Gratis Angkutan Lebaran 2022

waktu baca 3 menit
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melepas keberangkatan peserta mudik dan balik gratis angkutan lebaran tahun 2022, di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, pada Rabu (27/4).

Jakarta-KEMPALAN: Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melepas keberangkatan peserta mudik dan balik gratis angkutan lebaran tahun 2022, di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, pada Rabu (27/4). Pada pelepasan tersebut, Gubernur Anies didampingi oleh perwakilan Polda Metro Jaya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI; Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan; Wakil Ketua Ombudsman; Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta; Ketua DPP Organda Pusat; Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia; Direktur Utama PT Jasa Marga; Direktur ITDP Indonesia, serta Kadishub DKI Jakarta.

Gubernur Anies mengatakan, selama dua tahun terakhir kegiatan mudik tidak dilaksanakan karena kondisi kasus COVID-19 yang masih mengkhawatirkan. Setelah kondisi tersebut terkendali, akhirnya pada tahun 2022 dapat kembali diselenggarakan kegiatan mudik dan balik gratis.

“Kami telah menyiapkan sebanyak 22 truk pengangkut sepeda motor yang telah diberangkatkan pada tanggal 26 April 2022 dari terminal Pulo Gadung.  Pada pagi hari ini juga akan diberangkatkan 292  bus yang mengangkut 11.680 (target 19.680) pemudik ke 17 kota/kabupaten di 5 provinsi (Lampung, Sumatera Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur),” ujar Gubernur Anies.

Selain itu, Gubernur Anies juga menjelaskan bahwa seluruh armada yang digunakan pada acara mudik gratis, telah dilakukan ramp check guna memastikan kondisi kendaraan laik jalan, begitu juga dengan pengmudinya telah dilakukan cek kesehatan.

“Selanjutnya pada setiap armada yang diberangkatkan terdapat petugas pendamping (LO). Mereka akan mendampingi sampai dengan tujuan akhir, maupun nanti saat mudik balik kembali ke Jakarta. Petugas LO tersebut merupakan perpanjangan tangan Pemprov DKI untuk memastikan perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan,” tambah Gubernur Anies.

Perlu diketahui, Untuk mendukung penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan 4 (empat) Terminal Utama (Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Kalideres, dan Tanjung Priok) serta 3 (tiga) Terminal Bantuan (Lebak Bulus, Grogol dan Muara Angke) serta pada seluruh terminal akan disiapkan Pos Kesehatan untuk memeriksa kesehatan awak bus, pos vaksinasi booster dan Rapid Test Antigen.

Terdapat 17 (tujuh belas) kota dan kabupaten tujuan mudik gratis dan mudik balik, yaitu:

  1. Bandar Lampung; 10. Wonosobo;
  2. Palembang; 11. Sragen;
  3. Malang; 12. Cilacap;
  4. Kediri; 13. Solo
  5. Jombang; 14. Purwokerto;
  6. Kebumen; 15. Semarang;
  7. Yogyakarta; 16. Pekalongan
  8. Madiun; 17. Tegal
  9. Wonogiri;

Perlu diketahui, kota/kabupaten tujuan yang memiliki pemudik terbanyak adalah Solo, Yogyakarta dan Wonogiri. Sedangkan untuk keberangkatan truk pengangkut sepeda motor ada 7 tujuan, yaitu:

  1. Semarang;
  2. Kebumen;
  3. Solo;
  4. Yogyakarta;
  5. Wonogiri;
  6. Jombang, dan
  7. Malang.

Dan mudik balik menggunakan truk untuk mengangkut sepeda motor, berangkat dari:

  1. Semarang;
  2. Solo;
  3. Yogyakarta;
  4. Wonogiri; dan
  5. Malang.

Kegiatan Mudik dan Balik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi DKI Jakarta dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 April 2022 dan Pelaksanaan Balik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi DKI Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 dengan keberangkatan truk pengangkut sepeda motor dilaksanakan satu hari sebelum keberangkatan bus penumpang.

Editor: Freddy Mutiara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *