Menu

Mode Gelap

kempalanggun · 26 Apr 2022 14:58 WIB ·

Prof. Rajab: Keharmonisan Jokowi-Anies Harus Jadi Pembelajaran untuk Publik


					Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengantar Presiden Joko Widodo meninjau kondisi terakhir Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Senin, 25 April 2022. (Foto: Instagram @aniesbaswedan) Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengantar Presiden Joko Widodo meninjau kondisi terakhir Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Senin, 25 April 2022. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

JAKARTA–KEMPALAN: Kunjungan Presiden Joko Widodo ke sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara dengan didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disambut baik. Apalagi keduanya menunjukkan sebuah keharmonisan.

“Ini kan fenomena yang baik yang diperlihatkan kedua pemimpin. Kelihatan mesra. Bahkan Pak Jokowi disopirin oleh Pak Anies,” ujar Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma Jakarta, Prof. Rajab Ritonga, Selasa, 26 April 2022.

Lagi pula menurut dia, sebenarnya tidak ada yang perlu dihebohkan dari kunjungan Presiden Jokowi tersebut. Karena keduanya juga dulu dekat. Jokowi sebelumnya mengangkat Anies sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan.

“Kemudian dalam perkembangannya Pak Anies jadi gubernur. Sebetulnya masih dalam satu rangkaian juga, satu iramalah,” ungkapnya.

“Bagi kedua pemimpin itu kan tidak ada masalah. Seperti Pak Jokowi dengan dengan Pak Prabowo. Dulu berkompetisi lalu bergabung,” sambung Prof. Rajab.

Namun, dia tidak menampik persoalannya ada di masyarakat. Masyarakat terbelah karena persoalan politik. Karena itu dia berharap, kebersamaan Jokowi dan Anies di sirkuit Formula E kemarin bisa meredakan ketegangan sesama anak bangsa.

“Pesan saya bagi khalayak, ini pembelajaranlah. Kita boleh berbeda pendapat, berbeda aliran pemikiran politik, tapi tujuannya tetap satu untuk membangun sebuah bangsa. Kedewasaan berpolitik diperlukan dari para khalayak pemilik suara,” katanya mengingatkan.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Anies Baswedan berkunjung ke sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, tadi sore. Presiden berharap pada Juni sirkuit ini bisa gunakan untuk Jakarta E-Prix 2022 sesuai jadwal. Saat ini, sirkuit sudah 100 persen rampung dan tinggal menyelesaikan pemasangan pembatas, paddock, dan grandstand. (kba)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pesan Waisak: Dalam Cinta Kasih Semua Bersaudara

17 Mei 2022 - 08:05 WIB

Temu Kader Banteng, Ketua PDIP Surabaya: Kuatkan Soliditas, Terus Bergerak Melayani Rakyat!

17 Mei 2022 - 06:31 WIB

Ketua DPD Walubi: Tingginya Toleransi di Jakarta, Ikhtiar Nyata Gubernur Anies

16 Mei 2022 - 19:53 WIB

Gubernur Jateng Melepas Parade Waisak yang Tahun Ini Bisa Digelar Meriah

16 Mei 2022 - 14:35 WIB

Hari Raya Waisak, PDIP Surabaya: Perkuat Tekad Tebar Kebaikan di Kota Pahlawan

16 Mei 2022 - 12:21 WIB

Wali Kota Eri Cahyadi Diangkat sebagai Warga Kehormatan Maluku

16 Mei 2022 - 07:18 WIB

Trending di kempalanggun