Menu

Mode Gelap

kempalanews · 12 Apr 2022 06:15 WIB ·

Data SMRC Menunjukkan Tingkat Kesukaan Masyarakat ke Anies Lampaui Prabowo


					Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Antara) Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

JAKARTA–KEMPALAN: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu figur yang banyak disukai masyarakat jika maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Bahkan, merujuk survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk ‘Prospek Capres 2024‘ tingkat kesukaan masyarakat kepada Gubernur Anies melampui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dalam temuannya, Gubernur Anies disebut memiliki populalaritas sebesar 87 persen. Kalah dibanding popularitas Prabowo dengan tingkat keterkenalan 97 persen.

Akan tetapi, Gubernur Anies lebih banyak disukai ketimbang Prabowo. Dari popularitas 87 persen, sebanyak 75 persen masyarakat menyukai penggagas Gerakan Indonesia Mengajar itu memimpin Indonesia mendatang.

Sedangkan Prabowo, dari survei popularitas yang mencapai 97 persen, hanya sebanyak 73 persen dari masyarakat mengaku suka dengan Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju tersebut.

“Kuantitas dan kualitas popularitas masing-masing tokoh berimplikasi terhadap elektabilitas mereka,” ucap Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas dalam rilis survei yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV, dikutip, Senin, 10 April 2022.

Sementara dalam survei simulasi capres-cawapres yang dirilis SMRC menunjukkan elektabilitas kian menguat jika diduetkan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hasil itu didapat, setelah SMRC melakukan pembentukan pasangan capres-cawapres dengan lima faktor, yakni koalisi, komunikasi antar partai, tiga partai besar, faktor intensitas serta pertimbangan elektabilitas calon.

Jumlah sampel survei SMRC kali ini sebanyak 1.220 responden, dengan 1.027 responden yang dianalisis melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Simulasi pertama, Anies-AHY berhadapan dengan duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto yang dipasangkan dengan Puan Maharani.

“Hasilnya, pasangan Anies-AHY mendapatkan 29,8 persen suara. Ganjar-Airlangga 28,5 persen. Prabowo-Puan 27,5 persen. Masih ada 14,3 persen yang belum menentukan pilihan,” ucap Abbas.

Disebutkan, pasangan Anies-AHY mengalami penguatan ketika berhadapan dengan Airlangga-Ganjar Pranowo dan Prabowo-Puan. Dalam simulasi kedua ini, Airlangga diposisikan sebagai capres.

“Airlangga- Ganjar vs Anies-AHY vs Prabowo-Puan. Pasangan Anies-AHY mengalami penguatan dukungan menjadi 32,3 persen, disusul Prabowo-Puan 29 persen,” ungkapnya.

Sementara pasangan Airlangga-Ganjar menempati posisi ketiga dengan tingkat dukungan sebesar 22,6 persen. “Masih ada 16,1 persen yang belum menentukan pilihan,” denikian Abbas. (kba)

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wali Kota Eri Cahyadi Berangkatkan Bromo KOM Challenge 2022, Kejuaraan Bersepeda Bakal Jadi Agenda Rutin Perayaan HJKS

21 Mei 2022 - 20:47 WIB

Menakar Indonesia ke Depan ala Gubernur Ganjar di Kampus UBAYA, Rektor: Kewajiban Moral Politik Kebangsaan terhadap Bangsa dan Negara

21 Mei 2022 - 20:14 WIB

Gelar Doa, Yasin dan Tahlil Tujuh Hari Korban Kecelakaan Bus Ardiansyah, Taman Zakat Ajak Puluhan Anak Yatim

21 Mei 2022 - 19:55 WIB

Bupati Gus Muhdlor Pastikan Jalan Rusak di Kawasan Buduran Diperbaiki sebelum Akhir Mei

21 Mei 2022 - 19:30 WIB

700 Peserta Meriahkan Festival Rujak Uleg di HJKS ke 729

21 Mei 2022 - 18:35 WIB

Jangan Ada Calon Jama’ah Haji Batal karena Vaksin Belum Lengkap. Khofifah: Vaksinasi Covid-19 Gratis di Semua Faskes

21 Mei 2022 - 14:05 WIB

Trending di kempalanews