Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 10 Apr 2022 16:47 WIB ·

Jaga Toleransi Antar Umat, Wali Kota Eri Cahyadi Gagas Rumah Lintas Agama


					Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri ibadah umat Kristen di Gereja Mawar Sharon Surabaya Barat, Minggu (10/4/2022). Perbesar

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri ibadah umat Kristen di Gereja Mawar Sharon Surabaya Barat, Minggu (10/4/2022).

SURABAYA-KEMPALAN: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya menjaga toleransi umat beragama di Kota Pahlawan. Bahkan, untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya ke-729, pemkot akan mendirikan Rumah Lintas Agama.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri ibadah umat Kristen di Gereja Mawar Sharon Surabaya Barat, Minggu (10/4/2022). Menurutnya, Kota Surabaya harus menjadi kota yang aman dan nyaman untuk semua umat beragama di Indonesia.

“Rumah Lintas Agama ini akan kita deklarasikan sebelum HUT Kota Surabaya. Ini akan menjadi kado terindah untuk seluruh masyarakat Kota Pahlawan,” kata Wali Kota Eri.

Oleh karena itu, ia membutuhkan bantuan dari umat beragama di Kota Surabaya dalam pendirian Rumah Lintas Agama. Rencananya, tempat ini akan diisi oleh para pemuda yang akan mengambil peran untuk pembangunan Kota Pahlawan.

“Ketika para pemuda ini mendapat arahan dari penasehat lintas agama, mereka akan terjun untuk berbagi tentang ilmu agama dan sosial di kecamatan, kelurahan, sampai ke RT/RW,” jelas dia.

Dengan adanya tempat untuk berkumpulnya para pemuda lintas agama, Wali Kota Eri Cahyadi meyakini bahwa Kota Surabaya mampu mewujudkan kota yang memiliki rasa toleransi untuk umat beragama.

“Saya ingin menunjukkan bahwa Kota Surabaya adalah kota toleransi. Saya mohon doanya agar kita bisa berkolaborasi dalam mewujudkan Rumah Lintas Agama,” pintanya.

Di sisi lain, ia juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Surabaya yang turut bergotong-royong untuk mempertahankan pelaksanaan PPKM Level 1 di Kota Pahlawan.

“Saya meminta tolong, setiap doa yang njenengan (anda) panjatkan, tolong doakan Kota Surabaya agar jauh dari sakit-penyakit dan marabahaya. Mari terus menjaga dengan melakukan penerapan prokes dalam kegiatan sehari-hari,” ujar dia.

Sementara itu, Gembala Gereja Mawar Sharon Surabaya Barat Pastor Philip Mantofa mengaku, bahwa akan mendukung setiap langkah Pemkot Surabaya dalam pembangunan Kota Pahlawan, khususnya dalam menjaga rasa toleransi umat beragama.

“Kami merasa bangga dengan Bapak Wali Kota Eri Cahyadi, yang terus berusaha menjaga kerukunan umat beragama. Terima kasih bapak Wali Kota, kami Gereja Mawar Sharon siap mendukung langkah Pemkot Surabaya dalam proses persiapan Rumah Lintas Agama,” pungkasnya. (*)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ganjar Komit Dukung Pertanian Organik dengan Bantuan Prioritas

17 Mei 2022 - 06:42 WIB

Tidak Hanya Omzet Naik, Tampil di Lapak Ganjar Bengok Craft Bisa Pameran di Jepang

16 Mei 2022 - 20:01 WIB

Kunjungan Wisman di Jatim Meningkat, Gubernur Khofifah Minta Bupati dan Wali Kota Maksimalkan Infrastruktur Penunjang Pariwisata

16 Mei 2022 - 14:06 WIB

Festival Lauhan di Jateng Tembus 600 Peserta, Ganjar: Ada Breeding, Jual Beli dan Edukasi

16 Mei 2022 - 07:08 WIB

Berkelas! Potret Gubernur Anies Diskusi dengan Delapan Perusahaan Raksasa Inggris

15 Mei 2022 - 20:11 WIB

Kado Istimewa HIPMI di HJKS ke 729, Gelar SBF Demi Pulihkan Ekonomi Surabaya

15 Mei 2022 - 18:50 WIB

Trending di Kempalanbis