Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 1 Jan 2022 22:34 WIB ·

Federasi Jurnalis Internasional: Pada Tahun 2021, 45 Jurnalis Dibunuh di Seluruh Dunia


					Ilustrasi Jurnalis-IFJ Perbesar

Ilustrasi Jurnalis-IFJ

IFJ-KEMPALAN: Secara total, 45 Jurnalis terbunuh di seluruh dunia pada tahun 2021 berdasarkan data yang dirilis oleh International Federation of Journalism. Angka tersebut merupakan salah satu rekor terendah dari beberapa tahun sebelumnya.

Total pembunuhan tersebut termasuk 9 yang terbunuh di Afghanistan, 8 yang terbunuh di Meksiko, 4 di India dan 3 di Pakistan dan di negara lainnya yang tidak terlalu signifikan.

“Berita berkurangnya jurnalis yang terbunuh merupakan berita yang baik, namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada kekerasan yang terus berlanjut kepada jurnalis” ucap perwakilan IFJ, dalam pernyataannya, melansir dari Aljazeera.

Sebelumnya, Reporters without Borders (RSF) yang merupakan organisasi lintas negara di bidang jurnalisme merilis catatan bahwa pada tahun 2021, terdapat 46 total yang terbunuh dan juga menyebut bahwa data tersebut merupakan data yang terendah sejak tahun 1992.

IFJ mengatakan bahwa pekerja media biasanya terbunuh ketika sedang meliput dan mencoba membahas mengenai korupsi, kriminal, dan penyelewengan kekuasaan yang ada di negara dan daerahnya.

Melihat dari adanya data tersebut, Asia Pasifik menjadi tempat yang paling tidak aman karena terdapat 20 total jurnalis yang terbunuh.

Selain itu, kawasan Amerika menyusul dengan adanya 10 kasus.

Kemudian kawasan Eropa terdapat 6 kasus.

Dalam penutup laporannya, IFJ menuliskan bahwa risiko yang dikaitkan dengan adanya konflik bersenjata telah berkurang secara drastis pada tahun-tahun terakhir dikarenakan kurangnya jurnalis yang bisa melaporkan dari tempat langsung.

Namun, kekerasan dan ancaman dari geng kriminal dan kartel narkoba yang ada di kawasan Amerika dan kawasan Eropa terus meningkat.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kamala Harris Hadiri Pelantikan Presiden Honduras

28 Januari 2022 - 09:50 WIB

Thailand Tak Akan Paksa Pengungsi Myanmar Kembali

17 Januari 2022 - 20:50 WIB

Pemerintah Thailand Akan Keluarkan UU LSM, Berikut Pandangan Masyarakat

16 Januari 2022 - 16:00 WIB

Pesan Xi untuk Tiongkok: Jaga Keamanan Nasional, Kestabilan Sosial, dan Kehidupan Damai

16 Januari 2022 - 11:13 WIB

Singapura Justru Dukung Langkah Kamboja dalam Permasalahan Myanmar

14 Januari 2022 - 17:50 WIB

Waspada! Infeksi Virus Corona Meningkat di Perkotaan Thailand

14 Januari 2022 - 17:23 WIB

Trending di kempalanmanca