Anugerah Meritokrasi 2021, Jatim Juara 3 Kategori Penerapan Sistem Merit

waktu baca 3 menit
Wagub Emil Elestianto Dardak menunjukan piagam penghargaan yang diraih Jatim di ajang Anugerah Meritokrasi 2021.

SURABAYA-KEMPALAN: Jawa Timur menjadi tuan rumah Anugerah Meritokrasi 2021 yang digelar Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mengapresiasi instansi pemerintahan yang berhasil menerapkan sistem merit di Hotel Westin, Surabaya, Selasa (7/12) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Jawa Timur berhasil meraih peringkat ketiga kategori Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dengan penilaian Sangat Baik Dalam Penerapan Sistem Merit dengan nilai 332. Sedang urutan pertama dan kedua, ditempati Pemprov Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah yang masing-masing mendapatkan nilai 340,5 dan 335,5.

Sementara untuk kategori Pemerintah Kota, Pemkot Mojokerto, Pemkot Probolinggo, dan Pemkot Malang juga diapresiasi sebagai Pemerintah Kota dengan kategori baik. Masing-masing mendapatkan nilai 288; 271,5; dan 256,5 yang membuat mereka menempati peringkat ke-9, ke-10, dan ke-14.

Sedangkan, anugerah Pemerintah Kabupaten kategori Baik diberikan kepada Pemkab Mojokerto dengan nilai 263 dan Pemkab Malang dengan nilai 261. Masing-masing menempati peringkat ke-19 dan ke-20.

Saat menerima langsung penghargaan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota kategori Sangat Baik Dalam Penerapan Sistem Merit, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan bahwa penganugerahan ini merupakan pendorong perwujudan komitmen program Jatik yang telah dicanangkan.

“Ini merupakan komitmen dan bagian dari Jatim Amanah. Di mana, kami menjunjung tinggi pengisian the right man on the right place. Nah, ini dilaksanakan dengan pemantauan secara terus-menerus,” ujar Emil.

Lebih jauh, mantan Bupati Trenggalek itu mengatakan, penempatan pada instansi tidak hanya didasarkan pada tingkat intelektual saja. Tapi juga karakter seseorang.

“Kami pantau kinerjanya, jadi tidak hanya sekadar pintar saja. Kalau cuma jago saat ujian, banyak yang jago. Tapi kami lihat juga integritas dan jam terbangnya,” terangnya.

“Pada akhirnya, kami tidak akan melepas begitu saja para pegawai ini. Akan selalu ada proses transparan yang dikendalikan dan diawasi secara ketat,” lanjutnya.

Di akhir, Wagub Emil mengungkapkan kebanggaan akan capaian Jawa Timur. Menurutnya, hal ini bisa menjadi suatu motivasi dalam peningkatan mutu pemerintahan.

“Tentu kami berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi dalam transformasi tata kelola pemerintahan yang saat ini telah kita lakukan melalui penyempurnaan terhadap talent pool, rencana suksesi, dan telah memiliki kebijakan pola karir instansi juga penyederhanaan organisasi,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin via zoom mengatakan, acara ini menjadi bukti konsistensi penegakkan atas pengawasan meritokrasi di instansi pemerintah sesuai amanat Undang-undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN. Ia mendorong optimalisasi penerapan sistem merit yang membutuhkan langkah strategis.

“Kembangkan dan perkuat implementasi manajemen talenta dalam manajemen ASN. Hal ini penting untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.

Sebagai informasi, Anugerah Meritokrasi 2021 ini menetapkan 45 instansi peroleh kategori pelaksanaan sistem merit sangat baik dan 77 instansi dengan predikat baik.

Tak hanya itu, pada 2024 mendatang, KASN menargetkan 100 % Kementerian/Lembaga, 85 % Pemprov, dan 30 % Kabupaten/Kota mendapatkan kategori minimal baik dalam penerapan sistem merit.

Turut hadir dalam cara tersebut Ketua KASN Agus Pramusinto, Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto, Kepala LAB RI Adi Suryanto, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muhammad Aris Marfai, Wakil Kepala BPIP Hariyono, Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono, dan Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa, serta Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wali Kota seluruh Indonesia yang hadir secara hybrid. (Dwi Arifin)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *