Menu

Mode Gelap

kempalansport · 11 Nov 2021 11:09 WIB ·

Misi Ganda Razgatlioglu di WSBK Indonesia


					Toprak Razgatlioglu (Foto: Yamaha) Perbesar

Toprak Razgatlioglu (Foto: Yamaha)

ISTANBUL-KEMPALAN: Seri pemungkas World SBK (WSBK) Indonesia yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, 19 November nanti punya makna besar bagi Toprak Razgatlioglu.

Bukan sekadar momen penentuan gelar juara bagi pembalap Pata Yamaha with Brixx WorldSBK itu. Karena, sampai seri ke-12 di Circuito San Juan Villicum, San Juan, Argentina, 17 Oktober lalu, Razgatlioglu masih memimpin klasemen pembalap WSBK 2021.

Dengan mengoleksi 531 poin, pembalap Superbike dari Turki itu mengungguli juara bertahan di WSBK Jonathan Rea yang sudah enam musim beruntun berkuasa. Kedua pembalap tersebut terpaut 30 poin.

Di sisi lain, ada misi besar yang dibawa Razgatlioglu dengan memenangi WSBK 2021 ini. Yaitu membawa atmosfer WSBK kembali ke Turki. Maklum, sudah lama Turki tak pernah terpilih jadi tuan rumah WSBK.

Kali terakhir, ajang tersebut menghampiri Turki pada 2013. Ketika itu balapan digelar di Sirkuit Istanbul Park, Istanbul. Saat itu, Tolga Uprak dan Yunus Ercelik yang beruntung bisa merasakan balapan di depan 50 ribuan pendukungnya.

’’Saya sedang membahasanya dengan Gregorio Lavilla (Direktur Eksekutif WSBK) dari Dorna tentang balapan di Istanbul,’’ kata manajer Toprak Kenan Safuoglu dalam wawancaranya kepada Speedweek.com.

Menurut Safuoglu yang juga pernah jadi juara Supersport World Championship lima kali itu pun sudah punya banyak rencana begitu Razgatlioglu memenangi seri Indonesia. Dengan statusnya sebagai anggota parlemen Turki, Safuoglu bakal memperkenalkan Razgatlioglu kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Salah satu pemandangan dalam WSBK 2013 di Istanbul Park, Istanbul. (Foto: BMW Group)

’’Saya akan mengatakan kepadanya (Erdogan) secara pribadi bahwa kami ingin balapan di Turki juga. Saya pikir itu akan berhasil walaupun kita harus menunggu sedikit lama. Itu pun yang telah saya katakan kepada Lavilla,’’ tutur Safuoglu yang juga politisi dari partai pendukung Erdogan, AK Party itu.

Dia pun sudah membahas rencananya tersebut dengan media-media yang ada di Turki. Terutama supaya media-media Turki mem-blow up pemberitaan tentang Razgatlioglu meraih gelar juara di WSBK 2021 ini.

’’Itu akan membuatnya (Razgatlioglu) lebih dikenal, itu yang akan membantu kami dalam upaya membawa balapan kembali ke Turki pada tahun-tahun ke depan,’’ sambung Safuoglu. Balapan di Istanbul Park tidak berlanjut karena ada ketidaksepakatan di antara Federasi Motorsport Turki dan pengelola sirkuit. (Yunita Mega Pratiwi)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wakil Ketua KONI Kab Bandung Ajak Warga Pasang Bendera di Halaman Rumah dan Medsos

9 Desember 2021 - 12:36 WIB

Deltras atau Mitra yang Susul 7 Tim di Babak 8 Besar Liga 3

9 Desember 2021 - 12:00 WIB

Top Markotop! Persebaya Obok-obok Gawang Persib Bandung 3-0

9 Desember 2021 - 10:18 WIB

Munchen, Ajax, dan Liverpool Sempurna di Fase Grup Liga Champions

9 Desember 2021 - 08:31 WIB

Daftar Klub-klub yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

9 Desember 2021 - 07:39 WIB

Chelsea Gagal Jadi Juara Grup, Tuchel Beri Peringatan ke Pemainnya

9 Desember 2021 - 06:19 WIB

Trending di kempalansport