Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 30 Okt 2021 20:09 WIB ·

Greta Thunberg Hadir dalam Protes Perubahan Iklim di London, Desak Stop Investasi ke Bahan Bakar Fosil


					Greta Thunberg-DW Perbesar

Greta Thunberg-DW

LONDON-KEMPALAN: Aktivis muda asal Swedia yaitu Greta Thunberg bergabung dalam protes yang diadakan di Climate Justice Memorial, London. Dalam protes tersebut, narasi yang dibawa adalah untuk mendesak bank yang ada di seluruh dunia segera menghentikan investasi dan pendanaan kepada industri dan bahan bakar yang berbasis bahan bakar fosil.

Selain Greta, aktivis perubahan iklim seperti Pacific Climate Warriors, Coal Action Network dan Extinction Rebellion melakukan demonstrasi di kota London, sehari sebelum diadakannya COP26.

Aktivis muda asal Swedia tersebut bergabung dengan aktivis lainnya dengan berteriakkan narasi stop perubahan iklim. “We are unstoppable, another world is possible” (Terj: Kami tidak akan terhentikan, dunia yang lain (Tanpa eksploitasi lingkungan) sangat mungkin terjadi). Selain itu, kerumunan protes tersebut meneriakkan “What do we want? Climate Justice. When do we want it? Now” (Terj: Apa yang kita inginkan? Keadilan di iklim dan lingkungan. Kapan kami menginginkannya? Sekarang).

Greta Thunberg mengatakan bahwa ia tidak diundang dalam perhelatan perubahan iklim terbesar yaitu COP26. Melansir dari BBC, ketika ditanya oleh seorang reporter, ia menjawab bahwa dirinya tidak diundang secara resmi karena menurutnya, banyak pemimpin negara takut ketika ia mengundang anak muda radikal yang kemudian akan menjadikan mereka terlihat buruk.

Demonstrasi yang dilaksanakan pada Jumat (29/10) merupakan bagian dari aksi global yang menargetkan pendesakan bank dan entitas lainnya untuk segera menghentikan pemberian dana kepada industri dan bahan bakar yang berbasis fosil.

Dalam demonstrasi tersebut, kelompok aktivis berdatangan ke depan Lloyd Pacific Islanders, Macquarie Group dan JP Morgan Chase serta bank Jerman dan bank AS karena dianggap menjadi salah satu penyebab utama terjadinya perubahan iklim secara global.

(TheGuardian/BBC, Muhamad Nurilham)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Taliban Larang Pernikahan Paksa di Afghanistan

4 Desember 2021 - 01:49 WIB

Ilustrasi Perempuan Afghanistan-Conversation

Biden Umumkan Rencana Baru AS Hadapi Varian Omicron

4 Desember 2021 - 01:36 WIB

Nancy Pelosi-NYPost

WHO Sebut Varian Omicron Sudah Masuk ke 38 Negara, Tidak ada Kasus Kematian

4 Desember 2021 - 01:14 WIB

Ilustrasi Omicron-DW

Junta Myanmar Kecewa Pada Keputusan Penolakan Utusannya di PBB

3 Desember 2021 - 02:43 WIB

Kyaw Moe Tun-Wikipedia

Menteri Pertahanan AS Sesalkan Uji Coba Misil Hipersonik oleh Tiongkok, Tensi Meningkat di Kawasan

3 Desember 2021 - 02:27 WIB

Lloyd Austin-Bloomberg

Badan PBB yang Mengurusi Pengungsi dari Palestina Hadapi Krisis Pendanaan

3 Desember 2021 - 01:16 WIB

UNRWA. Badan PBB yang mengurusi pengungsi Palestina
Trending di kempalanmanca