Menu

Mode Gelap

kempalanews · 28 Okt 2021 23:45 WIB ·

Pohon Tumbang di Jember Tersebar 10 Lokasi


					Mobil yang diparkir tertimpa pohon akibat hujan deras disertai angin kencang di Jember ( antara) Perbesar

Mobil yang diparkir tertimpa pohon akibat hujan deras disertai angin kencang di Jember ( antara)

JEMBER-KEMPALAN: Heru Widagdo selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengungkapkan bahwa bencana angin kencang yang menyebabkan sejumlah pohon tumbang terjadi di beberapa lokasi yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (27/10) siang hingga sore hari.

“Sejumlah pohon tumbang di beberapa lokasi akibat angin kencang dan salah satunya di Jalan Ahmad Yani Jember yang menimpa sebuah mobil yang diparkir di tepi jalan,” ucap Heru di Jember seperti dilansir dari media Antara.

Berdasarkan data yang ada, lokasi pertama pohon tumbang tersebut diketahui akibat angin kencang terjadi di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari yang telah menutup sebagian akses jalan raya setempat, tak hanya itu, ada juga lokasi kedua yang berada di Jalan Ahmad Yani, terdapat juga sebuah pohon trembesi berdiameter 80 cm yang tumbang menimpa mobil hingga mengalami kerusakan sedang.

Lokasi ketiga berada di Jalan Sumatera yang berada di Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, selanjutnya lokasi keempat di depan ruang terbuka hijau di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates.

Akibat Cuaca yang begitu buruk, pohon tumbang juga terjadi di depan SMA Negeri 5 Jember yang berada di Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang. Lokasi keenam di Jalan Mohammad Yamin di depan Perumahan Taman Anggrek yang berada di Kelurahan Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates.

Angin kencang juga menyebabkan tumbangnya pohon di Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari; Desa Pontang di Kecamatan Ambulu, Desa Garahan di Kecamatan Silo, dan lokasi terakhir di Kelurahan/Kecamatan Patrang.

“Petugas gabungan mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa sebuah mobil di Jalan Ahmad Yani dan beberapa lokasi lainnya, sehingga akses jalan kembali normal,” terangnya.

Heru mengatakan bahwa tidak terdapat korban jiwa dalam bencana angin kencang yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Jember tersebut, namun, pihaknya menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dikarenakan adanya cuaca buruk yang menerjang beberapa wilayah di jember akhir-akhir ini.

Dirinya juga menghimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai angin kencang pada perubahan musim kemarau ke musim hujan, sehingga disarankan untuk menghindari pepohonan yang cukup tinggi dan tempat-tempat yang mudah ambruk akibat angin kencang.

Sementara AKP Eko Basuki Teguh A selaku Kasat Samapta Polres Jember mengatakan bahwa pihaknya membantu BPBD Jember untuk mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa sebuah mobil dan mengatur jalannya lalu lintas.

“Kondisi jalan berangsur normal setelah upaya petugas membersihkan pohon yang tumbang sekitar 30 menit karena kami langsung menuju lokasi bencana setelah mendapat laporan dari warga,” tandasnya.(merdeka.com/Akbar Danis)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

ITS Automotive Team Pamerkan Empat Mobil di GIIAS 2021

9 Desember 2021 - 17:17 WIB

Bupati Gresik Lantik 9 Pejabat Eselon II, Ini Pesannya

9 Desember 2021 - 16:45 WIB

Dosen Prodi Teknik Informatika Ubaya Masuk Top 500 Authors SINTA

9 Desember 2021 - 16:33 WIB

Gubernur Khofifah Minta Dudika Fasilitasi Magang ABK dan Serap Lulusan SLB

9 Desember 2021 - 16:21 WIB

Wagub Emil Pastikan Ketersediaan Logistik dan Posko Pengungsi Terpenuhi

9 Desember 2021 - 12:46 WIB

KEI-ANTARA Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Sumenep

9 Desember 2021 - 10:14 WIB

Gelar Uji Kompetisi Wartawan
Trending di kempalanews