Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 26 Okt 2021 00:22 WIB ·

Tingkatkan Perekonomian Umat, Wagub Emil Apresiasi Program PCNU Situbondo


					Wagub Jatim Emil Dardak saat mengikuti acara bincang santai bersama pengurus PCNU Kab.Situbondo, Senin (25/10). Perbesar

Wagub Jatim Emil Dardak saat mengikuti acara bincang santai bersama pengurus PCNU Kab.Situbondo, Senin (25/10).

SITUBONDO-KEMPALAN: Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi beberapa program peningkatan perekonomian umat yang digagas Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kab. Situbondo.

Menurut Wagub Emil, terdapat beberapa program dinilai cukup baik, salah satunya koperasi 234 yang sudah memiliki unit usaha NU produk probiotik. Diharapkan, program tersebut mampu memberikan dampak luar biasa terhadap sektor pertanian di Jatim.

“Silaturahmi dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Situbondo yang baru terpilih dan alhamdulillah kami terkesan dengan beberapa program yang sudah disampaikan,” kata Wagub Emil saat mengikuti bincang santai bertema Peran Nahdatul Ulama (NU) Meningkatkan Perekonomian Umat bersama Bupati Situbondo Karna Siswandi, Ketua PC NU Kab. Situbondo KH. Muhyiddin Khotib beserta wakil ketua dan para pengurus PCNU Kab. Situbondo di Kantor PCNU, Kab. Situbondo, Senin (25/10).

Disampaikan Wagub Emil, berbagai program tersebut akan segera disinergikan dengan program yang digagas Pemprov Jatim bernama belanja inovasi (Belanova). “Karena tanpa melalui proses panjang kita bisa segera mendorong produk buatan putra daerah,” tuturnya.

“Tentu, nilai yang diperoleh memang belum fantastis, tapi ini merupakan bagian dari sebuah bola salju yang bisa terus berkembang,” sambungnya.

Selain sektor pertanian, Wagub Emil menyampaikan bahwa PCNU Situbondo juga merencanakan beberapa program pemanfaatan aset pemerintah, yakni mendirikan NU Cafe dan NU Studio. Khusus NU studio, lanjutnya, akan menjadi sarana broadcasting. “Hal ini akan terus kita pantau dan dukung,” ujarnya.

Wagub Emil pun mengapresiasi langkah Bupati Situbondo yang sudah melakukan uji coba 10,5 hektar benih padi unggul. Dari satu hektar uji coba tersebut mampu mencapai 10,52 ton per hektar.

“Mudah-mudahan bisa memenuhi segala uji verifikasi yang ada. Apabila sukses, nantinya bisa menjadi salah satu bibit unggul di Situbondo,” tuturnya.

Dalam upaya mendukung benih padi unggul, Wagub Emil menuturkan bahwa Pemprov Jatim akan memberikan dukungan terkait prosedural. Tentunya, Dinas Pertanian akan bekerja sama dengan Bupati Situbondo beserta jajaran dalam proses pengurusan ke Kementerian Pertanian.

“Jadi sekali lagi, kita tentunya akan mendukung karena langkah-langkah uji coba sudah dilakukan dengan cukup jauh oleh bupati dan mitra penelitiannya. Jadi, kita akan memonitor, mendukung dan mengendors,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Siswandi menambahkan, PCNU Situbondo memiliki semangat serta komitmen yang kuat untuk membangun sinergitas bersama Pemkab Situbondo dari beberapa sektor. Salah satunya membantu percepatan vaksinasi.

“Sangat baik sekali. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Terpenting, semangatnya untuk terus mengembangkan dan bersinergi dengan Pemkab Situbondo agar ke depan mampu membangun Situbondo sebaik-baiknya serta meningkatkan kinerja sehingga perekonomian juga turut meningkat,” pungkasnya. (Dwi Arifin)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wamendag RI: Harga Bahan Pokok Nataru hingga Awal Tahun 2022 Aman

8 Desember 2021 - 05:46 WIB

Sah! PPKM Level 3 Batal Demi KIAN

8 Desember 2021 - 05:35 WIB

Wali Kota Eri Terima Gelar Kehormatan dari Sulut

7 Desember 2021 - 15:51 WIB

Kepuasan (Psikologis, Ekonomis) vs PPKM

7 Desember 2021 - 08:35 WIB

40 Tahun Tak Tergarap, Lahan PT PKHI di Bangkalan Minta Dikembalikan ke Negara

6 Desember 2021 - 22:17 WIB

Tingkatkan Perekonomian Lokal, Ketua DPD RI Dukung Revitalisasi Cagar Budaya

6 Desember 2021 - 14:42 WIB

Trending di Kempalanbis