Menu

Mode Gelap

kempalauto · 29 Sep 2021 11:00 WIB ·

Honda akan Patenkan Teknologi Sensor di Sepeda Motor, Bagaimana Fiturnya?


					Ilustrasi lampu motor Honda (Honda) Perbesar

Ilustrasi lampu motor Honda (Honda)

JAKARTA-KEMPALAN: Pabrikan motor asal Jepang, Honda akan melakukan paten pada salah satu sensor inovatif pada sepda motor terbarunya. Hal ini disinyalir sebagai langkah Honda untuk memasifkan produksi pada sensor yang berada pada lensa lampu depan di sepeda motor.

Paten yang dilakukan oleh Honda mengenai sistem sensorik bukanlah hal baru. Sebab, beberapa waktu yang lalu, Honda juga mematenkan sensor bernama “Advanced Rider Assitance Systems” atau ARAS. Sistem sensor tersebut secara fungsional untuk memproteksi keselamatan pada pengendara sepeda motor.

Lalu, sistem sensor lenda di lampu depan yang akan dipatenkan oleh Honda memiliki fungsi yang cukup penting. Di mana sensor ini akan menunjang efektivitas dalam konteks proteksi pada pengendara dibandingkan dengan sensor ARAS.

Dikabarkan, sistem ini juga dapat lebih kuat dalam bekerja, sebab adanya sensor radar yang tidak terdistraksi oleh variabel dari lensa-lensa pada motor. Sensor ini nantinya akan disematkan oleh Honda pada lampu depan berupa kamera digital berukuran mini.

Sistem sensorik digital ini mirip dengan sensor stereo yang disuguhkn oleh berbagai aplikasi otomotif yang ada di Play Store maupun App Store. Akan tetapi, sensor yang dipasangkan pada bagian belakang lensa akan lebih rawan rusak karena getaran mesin dari motor.

Naasnya, sensor tersebut juga dapat mati secara tiba-tiba karena goncangan motor, kecepatan motor, dan jarak tempuh dari motor. Oleh karenanya, sensor ini secara fungsional hanya diperuntukkan untuk melihat jalan di depan saat lampu benar-benar menyala. (Rafi Aufa Mawardi)

Editor: Rafi Aufa Mawardi

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Yamaha Borong Penghargaan di Motor Plus Award

8 Oktober 2021 - 08:19 WIB

Paling Worth It untuk Dimiliki, Pastinya Gear 125

4 Oktober 2021 - 15:12 WIB

Pembalap Yamaha Fabio Quartararo Raih Juara MotoGP Silverstone

30 Agustus 2021 - 19:11 WIB

Cuma Rp 28.000-an Bisa Beli Motor Yamaha Kekinian

26 Agustus 2021 - 18:33 WIB

Di Era PPKM Level 3 Penjualan Kawasaki Cukup Stabil Dibanding Para Kompetitornya

24 Agustus 2021 - 23:01 WIB

NMAX dan MT25 Jadi Pilihan Satlantas Polres Jember!

23 Agustus 2021 - 19:48 WIB

Trending di kempalauto