Warga Malaysia Divaksin Jarum Suntik Kosong

waktu baca 2 menit
Ilustrasi vaksinasi di Malaysia. (Xinhuanet)

KUALA LUMPUR-KEMPALAN: Seorang wanita di Malaysia disuntik dengan jarum suntik kosong ketika akan vaksin COVID-19, pemerintah telah mengkonfirmasi.

Melansir dari Sky News, Pemerintah mengatakan itu adalah “kelalaian manusia” setelah seorang perawat mengakui bahwa dia salah memberikan “vaksinasi kosong” karena kelelahan.

Dua orang lainnya di negara bagian Kedah utara diberi dosis vaksin COVID-19 tambahan karena tidak jelas apakah mereka juga disuntik dengan jarum suntik kosong, kata menteri sains, teknologi, dan inovasi Khairy Jamaluddin.

“Bahkan jika ada satu kesalahan, itu terlalu banyak kesalahan,” katanya.

“Jadi untuk kasus-kasus di mana ada kelalaian manusia, saya minta maaf kepada mereka. Dan tentu saja kami akan melakukan yang lebih baik.”

Perawat tersebut kini menghadapi tindakan disipliner.

Sebanyak 13 orang telah mengajukan laporan polisi yang mengklaim telah diberikan vaksin kosong tetapi sebagian besar ditemukan palsu atau tidak meyakinkan, kata menteri.

Orang yang menerima vaksin di Malaysia sekarang akan diminta untuk mencatatnya untuk mencegah pengulangan, tambah Khairy.

“Saya ingin menyarankan masyarakat untuk memahami konteks kasus ini dan untuk memastikan bahwa kita menjaga integritas program imunisasi nasional,” kata Khairy.

“Dan juga integritas ribuan perawat, dokter, dan garda depan yang mempertaruhkan hidup mereka dengan memvaksinasi setengah juta sehari.”

Malaysia telah memberikan lebih dari 16 juta dosis COVID, kementerian kesehatan mengatakan pada hari Jumat (23/7). (Sky News, Abdul Manaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *