Bursa Calon Ketua IKA Unair

Khofifah Ramaikan Pencalonan Ketua IKA Unair

  • Whatsapp

SURABAYA – KEMPALAN : Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa menyatakan kesediaannya untuk menjadi salah satu kandidat ketua Ikatan Alumni Universitas Airlangga yang akan menggelar kongres pada awal Juli mendatang. Hal ini berbeda dengan klaim dari salah satu pendukung kandidat, bahwa Dimas Oky didukung oleh Khofifah.

Utusan IKA Komisariat FISIP Unair Yuliati Umrah mengatakan optimistis Dimas Oky bakal menjadi Ketua IKA Unair. Menurutnya Dimas Oky adalah bibit unggul yang harus didukung memimpin organisasi ini.

“Saya dukung dan dorong adik kelas saya ini untuk mencalonkan diri jadi Ketua IKA UA. Saya masih yakin dia bukan cemen dan takut dengan kekuatan formal yang selama ini membuat dinamika organisasi publik ini tidak berjalan,” katanya dalam status di Facebook, Selasa (15/6).

Yuliati melihat Dimas merupakan sosok yang bergerak membangun dinamika gerakan mahasiswa dengan warnanya sendiri. Lulusan doctor di UNSW Sidney saat ini fokus menjadi sosioentreuprener di bidang kopi.

“Itu bukti bahwa dia rendah hati dan bukan kemajon..dia,maju karena kakak-kakak kelasnya yang mendorong. Termasuk alumni Ilmu Politik FISIP yang kini duduk sebagai Gubernur pun telah merestuinya untuk melangkah memimpin barisan para alumni dari kampus terbesar di provinsi ini dan terbaik keempat di Indonesia dan kampus yg terus melangkah menaikkan rangkingnya di kancah dunia,” klaim Yuliati.

Sayangnya, klaim Yuliati ini tak berbalas. Sebuah surat bermaterai dan bertanda tangan Khofifah Indarparawansa beredar di sejumlah grup perpesanan WhatsApps. Surat itu menyatakan kesediaan Ketua Umum Muslimat NU sebagai calon Ketua Umum PP IKA Unair masa bhakti 2021-2025. “Dengan ini menyatakan bersedia menjadi Calon Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (UA) masa bhakti 2021-2025.” begitu bunyi yang tertulis dalam surat itu.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Surat bertanggal 14 Juni 2021 itu menegaskan keputusan Khofifah tanpa ada paksaan dari siapapun. Pernyataan ini dilengkapi dengan materai yang ditandatangani oleh Khofifah Indarparawansa. Namun belum ada konfirmasi resmi soal keputusan mantan Menteri Sosial ini.

Sebelumnya sejumlah kandidat muncul sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga. Seperti Ketua Umum REI Pusat, Totok Lusida; staf ahli Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Komisaris Independen Bank Syariah Mandiri ini Dimas Oky Nugroho juga mendeklarasikan diri.

Setelah itu muncul nama dr Mohammad Adib Khumaidi, Sp.OT, yang diusulkan IKA Komisariat Fakultas Kedokteran. Dokter Adib juga bukan orang sembarangan karena saat ini dia adalah ketua terpilih PB Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Kongres rencananya digelar pada awal Juli 2021 dengan memperebutkan 118 suara. (Nani Mashita)

Berita Terkait