Tenis

Roger Federer Mengundurkan Diri dari Prancis Terbuka untuk Pemulihan

  • Whatsapp
Roger Federer di Roland Garros (Twitter @rolandgarros)

PARIS-KEMPALAN: Roger Federer secara resmi mengundurkan diri dari Prancis Terbuka Roland Garros 2021 pada Minggu (6/6) untuk memusatkan fokus memenangkan gelar Wimbledon kesembilan akhir musim panas ini.

Federer, yang akan berusia 40 tahun akhir tahun ini, selalu menyebut Wimbledon sebagai tujuan utamanya musim ini saat ia mencari gelar Grand Slam ke-21.

Dia mengatakan setelah kemenangan empat set melawan Marin Cilic bahwa dirinya sendiri terkejut, tetapi petenis Swiss itu kemudian terlibat dalam pertarungan larut malam dengan Dominik Koepfer pada Sabtu (5/6), yang menguji keberaniannya sebelum Federer melaju untuk mencapai putaran keempat di Roland Garros.

Pertandingan berlangsung selama tiga jam 35 menit, berakhir pada pukul 12:43 pagi di Paris, setelah itu Federer mengakui “ini semua adalah batu loncatan untuk sesuatu yang sangat penting bagi saya”.

Minggu (6/6), Federer mengatakan dalam sebuah pernyataa, “Setelah berdiskusi dengan tim saya, saya telah memutuskan saya harus mundur dari Roland Garros hari ini.

“Setelah dua operasi lutut dan lebih dari satu tahun rehabilitasi, penting bagi saya untuk mendengarkan tubuh saya dan memastikan saya tidak memaksakan diri saya terlalu cepat dalam perjalanan menuju pemulihan. Saya senang mendapatkan tiga pertandingan di bawah kendali. Tidak ada perasaan yang lebih besar daripada kembali ke lapangan,” tambahnya

Direktur turnamen Guy Forget mengatakan, “Turnamen Roland Garros meminta maaf atas mundurnya Roger Federer, yang melakukan pertarungan luar biasa tadi malam.”

“Kami semua senang melihat Roger kembali ke Paris, di mana dia memainkan tiga pertandingan tingkat tinggi. Kami mendoakan yang terbaik untuknya di sisa musim ini,” tambahnya.

Siaran pers dari Twitter resmi Roland Garros tentang pengunduran diri Federer.

Andy Murray, seorang petenis yang menang Grand Slam tiga kali mengomentari pengunduran diri Federer, “Saya berpendapat bahwa cukup berisiko untuk memainkan beberapa pertandingan empat jam berturut-turut di turnamen kedua Anda dalam 18 bulan, jadi bagi saya masuk akal untuk bersikap reaktif berdasarkan bagaimana perasaan tubuh Anda, lamanya pertandingan, dll. Keputusan yang masuk akal darinya.”

Federer telah menjalani dua operasi lutut dan ia sebagian besar melewatkan tenis masa pandemi dengan semua batasannya, bermain tiga pertandingan dalam 16 bulan sebelum tiba di Paris.

Dia seharusnya bermain melawan petenis Italia Matteo Berrettini, setelah mencapai putaran keempat di turnamen besar untuk ke-68 kalinya, tetapi petenis Italia itu sekarang akan menerima bye ke perempat final setelah pengunduran diri Federer.

Federer sekarang akan menuju ke lapangan rumput favoritnya di mana ia diperkirakan akan memasuki Noventi Open pada 14-20 Juni. Federer telah memenangkan turnamen ATP 250 di Halle sebanyak 10 kali. (Sky Sports, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait