Keluarga Kerajaan Inggris

Pangeran Harry dan Meghan Umumkan Kelahiran Putrinya

  • Whatsapp
Pangeran Harry (kanan) dan istrinya, Meghan Markle (kiri) (people.com)

CALIFORNIA-KEMPALAN: Pangeran Harry dan istrinya, Meghan telah mengumumkan kelahiran seorang putri yang mereka beri nama Lilibet “Lili” Diana Mountbatten-Windsor pada Minggu (6/6) sore waktu setempat.

Melansir dari The Guardian, Putri Duke dan Duchess of Sussex yang lahir di rumah sakit di California pada Jumat (4/6), memiliki berat 7lb 11oz (3,4kg) dan diberi nama sesuai nama panggilan keluarga untuk Ratu, nenek buyut bayi tersebut. Nama tengahnya dipilih untuk menghormati mendiang neneknya Diana, Princess of Wales, kata pasangan itu. Bayi itu adalah cicit ke-11 Ratu dan berada di urutan kedelapan pewaris takhta.

Baik ibu dan anak sehat dan sehat, kata sebuah pernyataan, mereka “menetap di rumah” setelah kelahirannya di rumah sakit Santa Barbara Cottage.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs web Archewell, organisasi nirlaba yang diluncurkan oleh pasangan itu tahun lalu, mereka mengatakan, “Pada tanggal 4 Juni, kami diberkati dengan kedatangan putri kami, Lili. Dia lebih dari yang pernah kami bayangkan, dan kami tetap bersyukur atas cinta dan doa yang kami rasakan dari seluruh dunia. Terima kasih atas kebaikan dan dukungan Anda yang berkelanjutan selama waktu yang sangat istimewa ini untuk keluarga kami.”

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan, “Ratu, Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall, serta Duke dan Duchess of Cambridge telah diberitahu dan sangat senang dengan berita kelahiran seorang putri untuk Duke dan Duchess of Sussex. ”

Akun Twitter resmi Pangeran William dan Kate memposting, “Kami semua senang dengan berita gembira tentang kedatangan bayi Lili. Selamat untuk Harry, Meghan dan Archie.”

The Sussex mengungkapkan bahwa mereka akan melahirkan bayi perempuan selama wawancara dengan Oprah Winfrey pada bulan Maret, di mana mereka juga berbicara terus terang tentang keretakan mereka dengan anggota keluarga kerajaan lainnya. Meghan mengatakan kekhawatiran telah diajukan oleh keluarga sebelum kelahiran Archie tentang seberapa gelap kulitnya dan mengatakan istana gagal membantu ketika dia merasa ingin bunuh diri.

Sang Ratu menanggapi dengan mengatakan bahwa masalah itu dianggap “sangat serius” tetapi “beberapa ingatan mungkin berbeda” dan masalah itu akan ditangani oleh keluarga secara pribadi.

Julukan Ratu Lilibet dibuat ketika Putri Elizabeth saat itu masih balita dan berjuang untuk mengucapkan namanya dengan benar. Duke of Edinburgh, mendiang Pangeran Philip juga memanggilnya demikian.

Lilibet adalah bangsawan paling senior di garis suksesi saat ini yang lahir di luar negeri–dan akan memenuhi syarat untuk menjadi presiden AS. Seperti kakak laki-lakinya, Archie, yang tidak diizinkan menyandang gelar kerajaan ketika ia lahir pada tahun 2019, putri Sussex tidak diizinkan menjadi putri atau menyandang gelar His/Her Royal Highness (HRH), karena mereka terlalu jauh dari mahkota di bawah aturan yang ditetapkan. Turun lebih dari 100 tahun yang lalu.

Bayi baru akan berhak menjadi seorang putri dan Archie seorang pangeran, baik dengan gaya HRH, setelah kematian Ratu dan ketika Pangeran Charles, ayah Harry, menjadi raja.

Perdana menteri, Boris Johnson, mentweet: “Banyak ucapan selamat kepada Duke & Duchess of Sussex atas kelahiran putri mereka.” Pemimpin Partai Buruh, Sir Keir Starmer, juga mengucapkan selamat dan mengatakan bahwa pengumuman itu adalah “berita bagus”.

Pasangan itu telah memberikan penghormatan kepada Diana selama hubungan mereka. Mereka mengumumkan bahwa mereka mengharapkan anak kedua pada Hari Valentine, hampir tepat 37 tahun setelah Diana mengumumkan bahwa dia sedang mengandung Harry, pada 13 Februari 1984.

Fotografer Misan Harriman, yang mengambil foto hitam putih yang digunakan untuk mengumumkan kehamilan Meghan, mentweet, “Lilibet telah tiba! Selamat untuk temanku yang pemberani dan keluarganya yang cantik!”

Kelahiran Lilibet terjadi setelah Meghan mengungkapkan bahwa dia mengalami keguguran pada musim panas 2020. Dalam sebuah artikel untuk New York Times pada bulan November, dia menulis: “Saya tahu, ketika saya mencengkeram anak sulung saya, bahwa saya kehilangan anak kedua saya.”

Pasangan itu mengumumkan bahwa mereka mundur dari tugas kerajaan pada Januari 2020 dan sekarang tinggal di Montecito, dekat Santa Barbara di California selatan.

Siapa pun yang ingin mengirim hadiah untuk merayakan kelahiran Lilibet telah diminta untuk mendukung organisasi yang bekerja untuk perempuan dan anak perempuan. Sebuah pesan di situs web Archewell berbunyi, “Bagi mereka yang bertanya tentang pengiriman hadiah, kami akan meminta Anda mendukung atau mempelajari lebih lanjut tentang organisasi yang bekerja untuk wanita dan anak perempuan ini: Girls Inc., Harvest Home, Camfed atau Myna Mahila Foundation.” (The Guardian, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait