UMKM

Webinar APINDO UMKM Akademi Masterclass Dukung Usaha Fashion dan Bakery

  • Whatsapp

JAKARTA – KEMPALAN : Dalam mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan yang bermuara pada pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan, dibutuhkan kontribusi UMKM yang kompetitif dan terus berkembang.

APINDO UMKM Academy Masterclass hadir atas kerjasama International Labour Organization (ILO) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dengan tujuan membantu UMKM meningkatkan produktivitas yang akan berdampak pada perputaran roda ekonomi, meminimalisir dampak krisis keuangan dan Penyerapan tenaga kerja.

Dikemas dalam rangkaian seri webinar peningkatan produktivitas, termasuk e-learning, dan pendampingan kepada setidaknya 100 UMKM mengikuti program ini yang dibagi menjadi dua tema, yakni fashion dan bakery.

“International Labour Organization (ILO) melalui project Sustaining and Competitive Responsible Enterprises (SCORE), bekerja sama dengan APINDO AUA, berupaya agar UMKM Indonesia dapat meningkatkan produktivitas dan naik kelas, dengan cara-cara yang praktis dan mudah diimplementasikan agar setelah mengikuti pelatihan, UMKM dapat terus menerus meningkatkan produktivitas dan daya saingnya,” Januar F. Rustandie selaku SCORE Indonesia Project Manager, dalam siaran persnya, Jumat (4)/6).

Pada APINDO Academy Masterclass seri fashion berlangsung 14-16 April 2021, membahas Kerjasama & Clean Production, Pengelolaan dan Pengembangan SDM, Dasar-dasar K3 di Tempat Kerja, dan Quality Mangement dengan target para pelaku usaha di bidang fashion. Pada seri ini hadir Jeff Kristanto Program Manager Business & Export Development Organization (BEDO), Merrytha Chan Marketing Director PT Pulau Intan Lestari, Lishia Erza CEO ASYX Supply Chain, serta Nurdin Setiawan Human Resource General Manager (HRM GM) PT Pan Brothers, Tbk & Group.

Di seri bakery APINDO UMKM Academy Masterclass yang berlangsung selama tiga hari di tanggal 19-21 Mei 2021 mengangkat beberapa pembahasan diantaranya Bakery Business Outlook, Operation & Technical Knowledge, dan Scale Up Your Business.

APINDO UMKM Academy Masterclass saat ini memasuki tahap mentoring, dimana para peserta dapat berkonsultasi secara langsung dengan para expert dengan fitur chat pada aplikasi TopKarir Klinik. Selanjutnya peserta harus mengirimkan proposal rencana bisnis, sebagai salah satu penilaian. Untuk Masterclass seri bakery, UMKM berkesempatan mendapat modal usaha senilai total 100 juta untuk 10 pemenang, tentunya untuk peserta yang telah memenuhi syarat seleksi.

Untuk mengukur keberhasilan program ini, peserta juga diberikan pre-test dan post-test pada setiap sesi webinar yang diikuti. Melalui APINDO UMKM Academy Masterclass seri industri fashion dan culinary diharapkan mampu mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing UMKM khususnya yang bergerak di bidang mode dan kuliner selama masa pandemi dan pasca pandemi demi terwujudnya pembangunan nasional yang berkelanjutan.

TopKarir, sebagai portal karir anak muda Indonesia baik di bidang formal, seni, maupun wirausaha, turut berpartisipasi sebagai penyelenggara rangkaian program APINDO UMKM Akademi (AUA) Masterclass. Saat ini TopKarir memiliki fitur kewirausahaan yang memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya anak muda untuk dapat mengembangkan bisnisnya melalui edukasi dan konsultasi bisnis. (Nani Mashita)

Berita Terkait