Teknologi

Lenovo Rilis Produk dengan Teknologi Edge Computing, Bagaimana Fiturnya?

  • Whatsapp
Penampakan Lenovo ThinkEdge SE30

JAKARTA-KEMPALAN: Lenovo merupakan perusahaan produsen terbesar di negeri Tiongkok. Secara global, Lenovo duduk di posisi kedelapan produsen teknologi yang bergerak di bidang komputer dan laptop di dunia.

Selain menjual produk komputer dan laptop, Lenovo juga menjual produk lain, seperti server dan smartphone. Lenovo juga menyediakan integrasi mengenai teknologi informasi dan jasa dukungan terhadap produk-produknya.

Untuk mempromosikan berbagai produk terbarunya, Lenovo selalu mengadakan perhelatan bertajuk Embedded World. Acara ini diadakan tahun ini, bernama Emedded World 2021 yang dilangsungkan secara daring. Dalam pameran tersebut, Lenovo merilis fitur teknologi emedded computer edge.

Produk yang diperkenalkan dan menarik perhatian, yakni ThinkEdge SE30 dan ThinkEdge SE50. Dimana perangkat ini memiliki teknologi intel dan dirancang untuk kebutuhan di masa yang akan mendatang.

Teknologi embedded edge computer, secara terfokus ditujukan untuk para konsumen yang membutuhkan daya yang memiliki akselerasi, keamanan yang terjaga, dan skalabilitas yang memiliki spesifikasi tinggi.

Perlu diketahui teknologi edge computing dapat dipahami sebagai sistem komputasi yang menunjang pemrosesan data dilakukan di edge. Proses pemrosesan data sebagian besar dilakukan secara lokal. Karena bisa mengurangi rute pengolahan data dari lokal ke sistem cloud. Dengan edge computing, proses komputasi dilakukan di dekat data center atau pusat data.

Hal ini berakibat pada data-data yang dihasilkan oleh perangkat internet of things (IoT) akan diproses lebih dekat ke tepi jaringan. Proses analisis data pun akan berlangsung lebih cepat. Kehadiran edge computing ini emang dipicu karena banyaknya perangkat IoT yang menuntut proses pengolahan data yang lebih cepat.

“Komputasi edge adalah infrastruktur penting untuk transformasi cerdas dalam perusahaan,” ujar Jon Pershke selaku wakil presiden Strategy and Emerging Business for Lenovo’s Intelligent Devices Group, Rabu (2/6).

ThinkEdge SE30 yang baru dilengkapi perangkat yang mencakup prosesor Intel Core i5 vPro Generasi ke-11 terbaru untuk komputasi industri. Prosesor ini meningkatkan daya komputasi, mempercepat beban kerja AI, dan dibangun untuk tantangan penerapan edge di perusahaan. (Rafi Aufa Mawardi)

Berita Terkait