Membahas Isu Pemain Titipan di Timnas Indonesia

waktu baca 2 menit
Kiper timnas indonesia, Ernando Ari

KEMPALAN: Isu pemain titipan di Timnas Indonesia sedang jadi pembicaraan hangat di kalangan pecinta sepakbola. Isu tersebut pertama kali muncul dari kiper timnas Indonesia Ernando Ari.

Ernando, yang hadir di channel YouTube Sport 77 Official bersama Riphan Pradipta dan Praz Teguh, bercerita soal pengalamannya yang pernah gagal seleksi karena kalah dengan pemain titipan. 

Isu ini kemudian makin memanas usai pengamat sepakbola Tommy Welly atau Bung Towel  menyampaikan bahwa dirinya mencium aroma pemain titipan di skuad Timnas U-16. 

Bung Towel menduga bahwa pemain titipan tersebut adalah Fardan Ary Setyawan yang merupakan putra dari salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Eko Setyawan. 

Namun, kabar tersebut dibantah oleh pelatih Timnas U-16 Nova Arianto. Nova berkata bahwa meski sang ayah merupakan Exco PSSI, Fardan terpilih karena kemampuan dan prestasinya.

“Tidak benar, semua pemain kami lihat potensinya,” kata Nova Arianto kepada wartawan.

Fardan saat ini bermain di Farmel Isvil Football Academy dan punya catatan yang cukup impresif sebagai seorang striker. Pemain yang lahir di Jakarta pada  09 Februari 2009 itu beberapa kali mampu meraih gelar topskor.

Beberapa gelar individu itu ditorehkannya di di Liga Topskor U-12 (28 gol), Liga Topskor U-13 Jakarta (34 gol), Tangerang Junior League (17 gol), Top Skor Championship Nasional U-14 (13 gol), dan Singa Cup U-14 (9 gol).

Fardan juga pernah menyabet gelar individu lainnya, yakni pemain terbaik atau best player Indonesia Junior League U-13 pada tahun 2023. Sepanjang kariernya, Fardan juga berhasil mempersembahkan sejumlah trofi untuk timnya, Farmel Isvil Football Academy, di antaranya Juara Indonesia Farmel Cup (2019), Juara Liga Top Skor Jakarta (2023), Juara Indonesia Junior League (2023), Juara Tangerang Junior League (2023), dan Juara Singa Cup (2023).

Namun Fardan akhirnya tidak terpilih masuk skuad final Timnas U-16 untuk Piala AFF U-16 2024. Tidak ada nama Fardan dalam skuad Timnas U-16 yang berisi  23 pemain itu.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *