Laga Penentu Juara Akhir Putaran Pertama dan Awal Putaran Kedua di Gresik

waktu baca 3 menit
Panpel Proliga dan tim putri GRESIK petrokimia pupuk indonesia foto bersama usai presconverence

GRESIK-KEMPALAN :  Setelah sukses menggelar tiga seri di tiga kota, PLN Mobile Proliga 2024 kini akan memasuki pekan keempat sekaligus peralihan dari putaran pertama ke putaran kedua di GOR Tri Dharma, Gresik, 16-19 Mei 2024 dengan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Pekan keempat dari kasta tertinggi bolavoli Tanah Air ini, pada Kamis (16/5/2024) dan Jumat (17/5/2024) merupakan ajang putaran pertama. 

Sedangkan pada dua hari terakhir yakni Sabtu (18/5/2024) dan Minggu (19/5/2024) sebagai awal dari putaran kedua kompetisi yang telah memasuki tahun ke-22 ini.

Karena menjadi akhir dari putaran pertama pada dua hari awal, sekaligus juga akan ditentukan juara putaran pertama baik putra maupun putrinya.

Dengan adanya peralihan antara putaran pertama dan kedua, persaingan seluruh tim dipastikan akan berjalan dengan seru dan menarik. Apalagi, dari semua kontestan, belum ada satupun yang sudah memastikan lolos ke final four dan belum ada juga tim yang sudah dipastikan gagal melaju ke babak empat besar.

Termasuk salah satunya adalah tuan rumah Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia. Tim besutan Risco Herlambang tersebut saat ini berada di peringkat keenam klasemen sementara, satu tingkat di atas tim pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri yang berada di dasar klasemen.

Di kandang sendiri, Petrokimia akan menjalani dua laga yang cukup berat. Pertama, Jumat (17/5/2024) akan menghadapi tim kuat Jakarta BIN, sebagai laga penutupnya di putaran satu.

Sedangkan laga keduanya, yang merupakan awal putaran kedua, akan berhadapan dengan pimpinan klasemen sementara, Jakarta Popsivo Polwan yang belum terkalahkan hingga memasuki putaran kedua ini.

Pelatih Petrokimia, Risco Herlambang mengakui dua calon lawan yang akan di hadapan publiknya sendiri cukup berat. Kedua tim itu menempati peringkat atas klasemen sementara. 

Meski begitu, pelatih asal Jabar itu mengatakan tidak ada yang tidak mungkin. “Meski kami ini underdog, tapi bukan tidak mungkin kami akan membuat kejutan. Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini,” jelasnya.

Seperti diketahui, kompetisi PLN Mobile Proliga 2024 ini diikuti tujuh tim putra dan tujuh putri. Di sektor putra terdiri dari Jakarta LavAni Allobank, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta Pertamina Pertamax, Jakarta STIN BIN, Palembang Bank SumselBabel, Kudus Sukun Badak, dan tim pendatang baru, Jakarta Garuda Jaya.

Sedangkan di bagian putri antara lain Bandung Bank bjb Tandamata, Jakarta Pertamina Enduro, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta BIN, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Electric PLN, dan tim pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri.

Kompetisi ini berlangsung di delapan kota besar di Indonesia, dari tanggal 25 April 2024 di Yogyakarta dan berakhir 21 Juli 2024 di Yogyakarta.

Wakil Direktur Proliga, Reginald Nelwan menyebut pekan keempat di Gresik ini sebagai akhir putaran pertama dan awal putaran kedua. Usai pelaksanaan di Gresik, kompetisi libur hingga dua pekan.

Setelah masa liburan itu, kompetisi akan dimulai di Bandung. Pada saat menjelang pekan kelima di Bandung tersebut, seluruh tim dipersilakan mengganti pemain baik lokal maupun asing.

“Setelah itu setiap tim tidak diperkenankan lagi mengganti pemainnya, baik itu pemain lokal maupun asing,” tandas Regi.

Seperti diketahui, penggantian pemain itu bagi setiap tim diperkenankan mengganti dua pemain lokal dan satu pemain asing hingga menjelang pekan kelima di Bandung. Setelah itu, tidak lagi diperkenankan mengganti  grand final.

Akan tetapi, jika pemain asing tidak ada penggantian, maka penggantian pemain lokal dibolehkan mengganti tiga pemain.

Pada musim ini diberlakukan video challenge sejak awal. Jika sebelumnya hanya mulai dari final four hingga grand final. “Tahun ini kita gunakan sejak mulai kompetisi,” ucap Regi yang juga Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI.

Seluruh pertandingan di pekan keempat di Gresik ini akan disiarkan secara langsung di Moji TV dan video.

Jadwal Kamis (16/5/2024):

Jam 14.00 WIB: Pertamina-Livin (putri)

Jam 16.00 WIB: Electric-Popsivo (putri)

 Jam 18.30 WIB: Bank Sumsel-Garuda (putra).(Ambari Taufiq/Mochammad Fadichullisan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *